Sukses

Wujudkan Herd Immunity, Erick Thohir Ingin Warga Serbu Sentra Vaksinasi

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sebanyak 15 ribu vaksin covid-19 disiapkan untuk tiga sentra di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjelaskan, pemerintah terus menjalankan program vaksinasi demi menekan angka kasus Covid-19. Ia pun meminta kepada masyarakat untuk langsung mengunjungi sentra-sentra vaksin yang sudah dibuka. Dengan langkah ini maka herd immunity cepat terbentuk.

Pada Minggu (22/8/2021) ini, Erick Thohir mendatangi tiga sentra vaksinasi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, Sentra vasinasi tersebut berada di kota Cepu, Jawa Tengah dan Bojonegoro, Jawa Timur. Kunjungan tersebut bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Erick Mengatakan, seperti yang bisa dilihat perhatian dan usaha keras pemerintah menyegerakan program vaksinasi secara nasional agar terbentuk herd immunity, tak henti dikerjakan dan akan terus digencarkan.

Kegiatan yang melibatkan TNI/Polri, perusahaan BUMN, dan pemda menunjukkan bahwa pemerintah ingin masyarakat segera sehat dengan divaksin sehingga bisa bekerja dan beraktifivas.

"Karena itu, kami menghimbau dan berharap agar masyarakat di Jateng dan Jatim berbondong-bondong ke lokasi vaksinasi," ujar erick Thohir, dalam keterangan tertulis, Minggu (22/8/2021).

Vaksinasi Merdeka yang digelar di Cepu, selain melibatkan PT Pertamina, PT Jasa Raharja, dan Telkom, juga menyertakan Dinas Perhubungan provinsi Jateng,  Polda Jateng dan Kodam IV/Brawijaya.

Sedangkan sentra vaksin di Jatim yang bertempat di SMP 1 Padangan, Bojonegoro melibatkan Pelindo III yang berkolaborasi dengan Dishub Jatim, Polda Jatim, dan Kodam V Brawijaya. Satu sentra vaksin lainnya digelar di Dolokgede, Bojonegoro.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

15 Ribu Vaksin Covid-19

Erick Thohir melanjutkan, keterlibatan pemerintah pusat, perusahaan BUMN, serta instansi lain ini merupakan bentuk tanggung jawab bersama sesuai arahan dan target Presiden Joko Widodo.

""Kami, para menteri yang hadir saat ini, akan terus mengawal dan berkolaborasi agar Indonesia Sehat yang kita cita-citakan terwujud demi Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh," lanjut Menteri Erick Thohir.

Menurut rencana, sebanyak 15 ribu vaksin disiapkan untuk tiga sentra vaksin tersebut. Tak hanya melayani masyarakat dari kalangan umum, lansia, dan pelajar, para pekerja layanan publik dan pekerja di sumur minyak dan gas blok Cepu juga menjalani vaksinasi.

Upaya total pemerintah mengejar program vaksinasi dtargetkan untuk menekan angka Indeks Reproduksi (RT) virus COVID-19 hingga di bawah 1 serta positivity rate kasus COVID-19 agar segera turun di bawah 5 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.