Sukses

Tips Jadi Orangtua Sukses di Usia 35 Tahun

Berikut beberapa tips penting bagi Anda sebelum menjadi orangtua di usia 35-an ke atas

Liputan6.com, Jakarta Karena banyak orang terus mengejar impian dan karir mereka, menjadi lebih umum bagi beberapa orang untuk menjadi orangtua di usia yang lebih tua, beberapa bahkan di usia 40-an.

Lebih penting lagi, fenomena ini dipicu oleh banyak faktor penting seperti menemukan pasangan hidup yang tepat, masalah kesehatan dan terutama dalam hal stabilitas keuangan.

Berikut beberapa tips penting bagi Anda sebelum menjadi orangtua di usia 35-an ke atas dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Minggu (22/8/2021).

1. Bangun karir dan keuangan Anda

Dengan memilih untuk menjadi orangtua di kemudian hari, ini memungkinkan Anda menggunakan usia 20-an dan 30-an untuk membangun karier dan meningkatkan kekuatan penghasilan Anda. Ini secara langsung berarti lebih banyak tabungan dan investasi, yang membuat Anda siap untuk memulai sebuah keluarga.

Sebaliknya, ini adalah tekanan ekstra jika Anda mengandung bayi sambil juga mempertimbangkan untuk membangun karier Anda.Sebagai orang tua baru, anak Anda akan selalu ada di pikiran Anda; bayi membutuhkan banyak perhatian dan nutrisi dalam dua tahun pertama mereka saja. Anda tidak akan mau melewatkan waktu istimewa ini bersama mereka, kecuali jika Anda yakin dapat menyulap karier Anda saat menjadi orang tua baru.

2. Siapkan dana untuk bayi

Membesarkan anak tidaklah murah, jika Anda berencana untuk memiliki anak dalam waktu lima tahun, penting untuk menggunakan waktu tersebut untuk menghemat uang untuk bayi. Tentu saja, tabungan Anda setidaknya harus menutupi biaya kehamilan, hingga ulang tahun bayi yang berusia satu tahun.

Terlebih lagi, kehamilan adalah perubahan besar dalam hidup dan membangkitkan banyak emosi yang dapat membanjiri calon ibu. Oleh karena itu, menyiapkan dana bayi, memastikan kehamilan yang bebas stres, dari segi uang. Sisihkan uang karena kehamilan berisiko tinggi datang dengan biaya tinggi

Wanita di atas usia 35 tahun menghadapi risiko komplikasi kehamilan yang lebih tinggi, belum lagi wanita juga menghadapi masalah kesuburan setelah mereka berusia di atas 35 tahun. Dengan demikian, hamil menjadi perjuangan.

Namun, dengan kemajuan teknologi medis, prosedur seperti fertilisasi in-vitro (IVF) sering digunakan untuk mengobati infertilitas, tetapi perlu diingat, perawatan semacam itu juga harus dibayar mahal.

3. Pertimbangkan untuk mendapatkan rumah yang lebih besar

Apartemen nyaman Anda mungkin terlalu kecil untuk menyambut bayi Anda. Ini akan membutuhkan beberapa renovasi untuk menambah lebih banyak ruang. Alternatifnya adalah mencari rumah yang lebih besar atau baru, yang berarti melayani pinjaman perumahan selama 20 tahun ke depan.

Namun, opsi pinjaman bank dan daya tawar Anda berkurang seiring bertambahnya usia, yang akan menghasilkan periode pinjaman yang lebih pendek dan dana yang disetujui jauh lebih sedikit. Selain itu, mengambil pinjaman besar pada usia yang lebih tua dapat menyebabkan Anda membawa hutang ke masa pensiun.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Berkorbanlah untuk biaya penitipan anak

Meskipun menjadi orang tua di usia yang lebih tua memang menguntungkan karier Anda, hal itu tetap dapat menyebabkan masalah bagi masa pensiun Anda, karena biaya penitipan anak menjadi prioritas Anda.

Oleh karena itu, memasukkan uang yang cukup ke dalam dana pensiun Anda akan menjadi sulit setiap bulan, namun, Anda mungkin akan memiliki anak yang bergantung secara finansial saat Anda mendekati masa pensiun yang sebenarnya. Dengan demikian, tidak memasukkan uang yang cukup ke dalam dana pensiun dapat memaksa Anda untuk mengorbankan pensiun impian Anda.

5. Rencanakan dana pendidikan

Berapapun usia Anda saat melahirkan, begitu Anda memiliki bayi, Anda harus merencanakan dana pendidikan mereka. Jika Anda adalah orang tua pertama kali di usia 20-an, Anda dapat merencanakan terlebih dahulu karena Anda masih punya waktu.

Namun, jika Anda berencana untuk memiliki bayi ketika Anda lebih tua, Anda harus mulai sesegera mungkin. Anda tidak punya waktu bertahun-tahun lagi untuk menabung sampai Anda pensiun. Dan ketika Anda pensiun, ada kemungkinan anak Anda yang masih kecil masih membutuhkan dukungan finansial Anda.

6. Beli asuransi

Biaya asuransi meningkat seiring bertambahnya usia dan menundanya hanya akan menyebabkan lebih banyak biaya di masa depan. Terlebih lagi, sebagai orang tua baru yang lebih tua, Anda juga harus membeli asuransi untuk kehamilan Anda untuk melindungi bayi Anda yang belum lahir.

Cakupan seperti perlindungan anak (sebelum dan sesudah kelahiran) dan perlindungan ibu selama kehamilan mencakup berbagai kondisi bawaan, termasuk penyakit kuning neonatal. Selain asuransi kesehatan (hamil dan bayi baru lahir), berlaku juga untuk tabungan, penyakit kritis, dan pengendara kecelakaan.

Pada akhirnya, memiliki bayi mungkin tampak seperti fase kehidupan yang lain, tetapi bagi orang tua pertama kali, itu bisa menjadi pengalaman melelahkan yang penuh dengan pertanyaan dan tantangan.

Beberapa orang bahkan mungkin memperingatkan Anda tentang kerugian melahirkan di usia yang sangat terlambat. Tapi, pikirkan kebahagiaan yang diberikan seorang anak kepada Anda. Itu saja bernilai segalanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.