Sukses

2 Aplikasi Diluncurkan Guna Promosikan Pariwisata Papua Jelang PON XX

Dalam rangka mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua, diluncurkan Aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka mendukung dan menyukseskan pelaksanaan PON XX Tahun 2021 di Provinsi Papua, Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional (PB-PON) Bidang Sosial Budaya meluncurkan Aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua.

Koordinator Sosial Budaya PB PON Papua XX Septinus mengatakan, kedua program tersebut adalah merupakan wujud dari hasil identifikasi dan inventarisasi potensi budaya dan objek wisata yang berada di 4 cluster PON XX Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, termasuk 2 wilayah buffer  Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya.

"Tujuan dari Launching Aplikasi Papua Tourism adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 cluster PON XX Papua baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah dan sebagai E-Commerce Penjualan Produk Budaya secara online," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (19/8/2021).

Sedangkan tujuan program Gerai Honai Papua adalah mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 cluster PON XX Papua, seperti Anyaman (tas / noken), Ukiran, Lukisan Kulit Kayu, Gerabah dan Kuliner Lokal secara online melalui Aplikasi Papua Tourism dan secara langsung di Gerai Honai Papua, kepada seluruh atlet, official dan tamu undangan yang akan datang ke Papua dalam pelaksanaan PON di bulan Oktober mendatang.

Selain itu juga acara ini mempublikasikan sosial media resmi dari Papua Tourism. Untuk instagram dapat dilihat di papua.tourism, sedangkan YouTube dan Facebook resmi menggunakan nama Papua Tourism.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Diharapkan melalui Aplikasi Papua Tourism, Gerai Honai Papua serta Sosial Media papua tourism ini, semua produk budaya yang dibuat oleh masyarakat Papua di 5 wilayah adat/budaya yang tersebar dalam 4 zona ekologi di Papua dapat memanfaatkannya untuk menjual hasil karya mereka, sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan ekonominya selama pelaksanaan PON.

"Dengan demikian 3 sukses dalam pelaksanaan PON XX Papua, terutama sukses Ekonomi dapat terealisasi melalui kedua program dari Bidang Sosial Budaya ini," tutup dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.