Sukses

Begini Solusi Belanja di Pasar Tradisional Favorit Tanpa Perlu Keluar Rumah

Bank BRI melalui pasar.id memberi solusi dengan menghadirkan kenyamanan dan kemudahan untuk mengakses pasar yang lebih dekat kepada pembeli. Bertransaksi dan berbelanja tanpa perlu bertatap muka (online).

Liputan6.com, Jakarta Pandemi yang berlangsung hampir dua tahun benar-benar telah mengubah cara berbisnis. Penyebaran virus yang tak kunjung padam telah mengubah pola interaksi antara bisnis dan pelanggan. Di sisi bisnis agar bisa bertahan mutlak perlu adanya adaptasi dalam strategi penjualan.

Seperti kita ketahui banyak bisnis mulai merasakan penurunan penjualan yang cukup drastis, dan bisnis yang mendapatkan pukulan telak akibat situasi ini di antaranya ialah pasar-pasar tradisional dikarenakan pelanggan yang biasa datang bertransaksi kini lebih banyak beraktivitas di rumah karena pembatasan kegiatan. Padahal seperti diketahui belanja di pasar-pasar tradisional jadi favorit ibu rumah tangga karena keunggulan harga lebih murah dibanding supermarket atau pasar modern.

Dan dari sisi pembeli pembatasan kegiatan tentu membuat mereka secara naluriah akan mencoba atau memanfaatkan toko online untuk mencari barang atau bahan kebutuhan pokok yang mereka perlukan dari rumah saja.

Berangkat dari hal tersebut Bank BRI melalui pasar.id memberi solusi dengan menghadirkan kenyamanan dan kemudahan untuk mengakses pasar yang lebih dekat kepada pembeli sekaligus menghubungkan pedagang dan pembeli agar dapat bertransaksi dan berbelanja tanpa perlu bertatap muka (online).

Keuntungan bagi pedagang dengan bergabung atau mendaftarkan toko di pasar.id berarti peluang untuk dapat dikenali dan diakses pembeli semakin luas karena dipasarkan secara online. Pembeli yang terbiasa berbelanja langsung di pasar dengan pedagang atau toko favorit pun bisa mencari langsung lewat pasar.id.

Tak hanya itu, selain bisa mencari kebutuhan pokok di pasar tertentu secara manual ada juga fitur pencarian pasar terdekat dari pembeli dengan mengaktifkan fitur GPS di smartphone Anda.

Sebagai informasi berbelanja melalui pasar.id sedikit berbeda dengan belanja di market place karena pasar.id BRI ini memang diperuntukkan untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli, namun transaksi pembelian tidak dilakukan lewat pasar.id. Transaksi dilakukan via Whatsapp untuk memastikan ketersediaan barang oleh penjual.

Berikut langkah pesan barang di pasar.id,

  1. Aktifkan GPS agar pasar.id bisa mengakses lokasi Anda untuk menampilkan lokasi pasar terdekat.
  2. Buka laman https://pasar.id/
  3. Bila di laman utama tidak keluar pasar terdekat dari lokasi Anda, klik di halaman pencarian untuk mencari pasar.
  4. Setelah ketemu, klik nama pasar.
  5. Anda akan dibawa ke laman berisi daftar masing-masing pasar.
  6. Pilih kategori barang atau pilih semua kategori untuk menampilkan seluruh daftar toko.
  7. Akan ditampilkan nama penjualnya beserta nomor WA.
  8. Klik nomor WA dan secara otomatis Anda akan dibawa ke aplikasi WA untuk mengirim pesan.
  9. Silakan pesan barang yang akan Anda beli.
  10. Transfer uang pembayaran ke rekening BRI penjual.
  11. Foto bukti transfer atau tunjukkan bukti transfer ke penjual di pasar.id lewat WA.
  12. Kurir akan mengantar pesanan Anda.
  13. Pesanan Anda terima di rumah.     

Penasaran? Langsung saja buka pasar.id dan cari pasar dan toko favorit Anda. Mari bersama-sama kita saling menguatkan ekonomi lokal di masa pandemi dengan senantiasa mendukung dan membeli kebutuhan pokok para pedagang pasar.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.