Sukses

Ingin Kembangkan Bisnis ke Pasar Global? Simak Tips dan Triknya

Teknologi dan infrastruktur modern mampu menyatukan dunia. Kemajuan tersebut digunakan oleh para bisnis untuk melakukan ekspansi secara global ke pasar internasional atau pasar global.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi dan infrastruktur yang modern mampu menyatukan dunia. Kemajuan tersebut digunakan oleh para pebisnis untuk terus melakukan ekspansi secara global ke pasar global.

Berbagai jenis perusahaan sudah memiliki kondisi yang matang untuk mengembangkan sayap ke luar negeri. Mulai dari sistem logistik hingga layanan konsumen dan industri manufaktur.

Melansir dari Forbes, Minggu (22/8/2021), alasan pertama yang dapat pebisnis pertimbangkan jika ingin ekspansi bisnis secara global adalah adanya potensi pertumbuhan. Wilayah yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya memiliki pasar internasional yang menjanjikan.

Perlu diingat, bisnis internasional tidak hanya diperuntukkan bagi konglomerat saja, melainkan usaha kecil dan menengah juga dapat bertumbuh dengan melibatkan konsumen internasional lebih dekat.

Alasan kedua adalah meningkatkan pendapatan dan keuntungan. Keberhasilan untuk menarik perhatian konsumen internasional menghadirkan peluang baru. Bahkan, pebisnis tidak perlu menargetkan seluruh benua atau miliaran konsumen untuk mencapai perbedaan pendapatan yang signifikan.

Alasan terakhir adalah dominasi pasar dan industri. Apabila ingin menaklukkan industri dan mendapatkan pengakuan, pebisnis harus mengikuti pesaingnya di internasional.

Namun, masuk ke pasar internasional memiliki tantangannya tersendiri. Sebuah bisnis mungkin terkenal di negara asalnya, tetapi hampir tidak dikenal saat berekspansi ke wilayah baru. Oleh karena itu, bisnis tersebut harus memiliki perencanaan strategis saat akan diperkenalkan kepada konsumen internasional.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik Memperluas Bisnis ke Pasar Internasional

Pasar internasional dapat menyimpan potensi pertumbuhan yang signifikan untuk berbagai jenis bisnis. Namun, pebisnis membutuhkan strategi yang tepat untuk memperluas jangkauan dari lokal ke global.

Berikut beberapa teknik untuk memperluas bisnis ke pasar internasional:

1. Bicara Menggunakan Bahasa Konsumen

Mengadopsi strategi multibahasa dapat mempermudah pebisnis menaklukkan pasar internasional. Banyak pengguna internet yang tidak bisa membaca atau berbicara Bahasa Inggris. Dengan demikian, melayani konsumen harus menjadi prioritas saat pebisnis mengembangkan produk secara global.

Sulit untuk memasarkan produk kepada konsumen dalam bahasa yang tidak dipahami. Kemampuan untuk memahami informasi tentang produk memiliki pengaruh besar pada keputusan pembelian konsumen.

Pebisnis membutuhkan tim untuk menarik perhatian konsumen menggunakan bahasa lokal mereka. Tim ini harus berkomunikasi dengan konsumen lokal secara efektif. 

2. Lokalkan Merek

Selain menyampaikan produk menggunakan bahasa lokal, pebisnis harus peka dengan budaya saat memproyeksikan merek ke luar negeri. Hal ini membantu perusahaan dan produk disukai oleh konsumen internasional yang ditargetkan, sekaligus meningkatkan keterlibatan konsumen.

Adapun beberapa langkah yang dapat pebisnis lakukan untuk melokalkan merek, antara lain sebagai berikut.

- Menyesuaikan artikel online, produk, atau aplikasi seluler untuk penggunaan lokal atau regional.

- Sesuaikan presentasi pebisnis dengan nuansa budaya lokal.

- Menggabungkan tata letak, warna, bentuk, dan atribut visual atau grafik yang tepat agar sesuai dengan konteks budaya lokal.

3 dari 3 halaman

3. Libatkan Para Ahli Lokal

Ahli lokal dapat membantu berinteraksi dengan konsumen lokal, serta mempercepat pembelajaran untuk tim. Jangan lupa untuk melatih para ahli lokal tentang nilai-nilai bisnis dan pesan dari merek yang perlu disampaikan.

4. Teliti Pasar Internasional  

Pastikan untuk meneliti budaya lokal dan kondisi pasar yang unik, termasuk peraturan yang relevan. Pebisnis dapat mengirim tim di lapangan ke berbagai belahan dunia dalam perencanaan ekspansi bisnis.

Selain mengirimkan tim observasi pasar, minta beberapa orang untuk menghabiskan waktu bersama warga setempat dengan tujuan mempelajari budaya dan menjalin hubungan dengan mereka.

 

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini