Sukses

Alasan Erick Thohir Kenakan Pakaian Adat Lampung di HUT RI ke-76

Sejumlah pejabat ramai-ramai menggunakan pakaian adat pada perayaan Kemerdekaan RI ke-76 pada 17 Agustus 2021. Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah pejabat ramai-ramai menggunakan pakaian adat pada perayaan Kemerdekaan RI ke-76 pada 17 Agustus 2021. Salah satunya Menteri BUMN Erick Thohir yang mengenakan pakaian adat Lampung.

Pakaian adat Lampung naik daun dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8). Presiden Joko Widodo yang menjadi inspektur upacara saat penaikan bendera Merah Putih dan Menteri BUMN, Erick Thohir yang hadir secara virtual ketika upacara penurunan bendera, sama-sama mengenakan pakaian adat provinsi yang dijuluki Sai Bumi Ruwa Jurai.

Presiden Jokowi mengenakan baju Tulang Bawang, sebutan untuk baju adat Lampung dengan motif Lampung Pepaduan yang didominasi warna putih. Sedangkan Menteri Erick Thohir, yang berasal dari Gunung Sugih, Lampung Tengah, memakai baju adat Lampung Saudatin yang mayoritas berwarna merah.

"Tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati Hari Kemerdekaan sudah dimulai Presiden Jokowi sejak tahun 2017, dan selalu berganti setiap tahunnya. Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir, Selasa (17/8/2021).

Untuk pria, baju adat Lampung terdiri atas baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, kopiah, dan khikat akhir. Sarung tumpal merupakan kain khas Lampung yang ditenun dengan benang emas, sedangkan khikat akhir atau selendang bujur dikenakan dengan cara disampirkan di pundak untuk menutupi bahu.

"Tahun lalu, saat peringatan HUT Kemerdekaan, saya juga memakai pakaian adat Lampung. Bagi saya, mengenakan pakaian Tulang Bawang selalu mengingatkan kembali kepada mendiang ayah yang kelahiran Lampung, dan juga akar saya berasal," jelas Erick Thohir.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara HUT ke-76 RI, Jokowi Pakai Baju Adat Lampung

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan baju adat Lampung saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8/2021). Jokowi akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Berdasarkan pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi tiba di tempat upacara sekitar pukul 09.52 WIB. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana yang memakai busana nasional dengan kain songket.

Adapun baju adat yang dikenakan Jokowi tersebut didominasi warna merah dan putih. Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin yang hadir mengenakan baju adat Sunda bewarna biru.

Sama seperti tahun 2020, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun ini pun hanya dihadiri oleh undangan terbatas yang terlibat dalam rangkaian upacara peringatan.

Hal tersebut dilakukan untuk lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat karena pandemi Covid-19 yang masih melanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.