Sukses

Bangganya Erick Thohir saat Jokowi Pakai Baju Adat Lampung pada Peringatan HUT RI ke-76

Tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati Hari Kemerdekaan sudah dimulai Presiden Jokowi sejak tahun 2017.

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir mengaku bangga pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjadi inspektur upacara penaikan Bendera Merah Putih dalam peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 RI.

Dikatakan jika tradisi mengenakan baju nasional saat memperingati Hari Kemerdekaan sudah dimulai Presiden Jokowi sejak tahun 2017. Pakaian adat yang dipilih kepala negara pun berbeda setiap tahunnya.

"Tahun ini, pakaian adat Lampung menjadi pilihan Presiden dan hal itu jelas sangat membanggakan masyarakat Lampung dan saya pribadi sebagai putra daerah karena hal ini langsung mengenalkan kekayaan budaya Lampung," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Bila Presiden Jokowi memakai baju adat Sai Bumi Ruwa Jurai saat upacara penaikan bendera, Erick Thohir mengenakannya ketika upacara penurunan bendera yang kehadirannya dilakukan secara virtual.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingat Sang Ayah

Presiden Jokowi diketahui mengenakan baju Tulang Bawang, sebutan untuk baju adat Lampung dengan motif Lampung Pepaduan yang didominasi warna putih.

Sedangkan Menteri BUMN Erick Thohir, yang berasal dari Gunung Sugih, Lampung Tengah, memakai baju adat Lampung Saudatin yang mayoritas berwarna merah.

Untuk pria, baju adat Lampung terdiri atas baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, kopiah, dan khikat akhir.

Sarung tumpal merupakan kain khas Lampung yang ditenun dengan benang emas, sedangkan khikat akhir atau selendang bujur dikenakan dengan cara disampirkan di pundak untuk menutupi bahu.

"Tahun lalu, saat peringatan HUT Kemerdekaan, saya juga memakai pakaian adat Lampung. Bagi saya, mengenakan pakaian Tulang Bawang selalu mengingatkan kembali kepada mendiang ayah yang kelahiran Lampung, dan juga akar saya berasal," kata Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.