Sukses

Program Kartu Prakerja Gelombang 18 Sudah Dibuka, Simak Fakta yang Perlu Diketahui

Pemerintah resmi membuka kembali pendafatran program Kartu Prakerja pada Senin 16 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah resmi membuka kembali pendafatran program Kartu Prakerja pada Senin 16 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB. Program Kartu Prakerja ini sudah masuk ke gelombang 18.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, gelombang 18 ini merupakan perekrutan Kartu Prakerja tahap pertama di semester II 2021. Adapun total anggaran yang disediakan sebesar Rp 10 triliun.

Adapun anggaran Program Kartu Pakerja tersebut rencananya akan diberikan kepada sekitar 2,8 juta peserta Kartu Prakerja yang masing-masing diantaranya total mendapat insentif Rp 3.550.000 per orang.

"Pola dan skema pelaksanaan program di semester 2 ini sama dengan pola dan skema di semester 1 2021," terang Louisa seperti ditulis pada Selasa (17/8/2021).

Sayangnya, Louisa belum bisa membocorkan berapa kuota yang disediakan, serta batas akhir pendaftaran Kartu Prakerja di gelombang 18 ini."Kuota dan penutupan pendaftaran akan segera kami umumkan," ujar Louisa.

Untuk mengetahui seluk beluk mengenai Program Kartu Prakerja, berikut rangkuman Liputan6.com:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendaftar

1. Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id, lalu buatlah akun

2. Setelah akun sudah terverifikasi, login untuk mengikuti proses seleksi tersebut. Pengguna yang sudah terverifikasi, jangan lupa untuk login dan klik “Gabung” 

Tujuannya agar Anda dapat terdaftar sebagai peserta dan masuk ke tahap seleksi. Kemudian, langkah-langkah untuk mengikuti proses seleksi adalah sebagai berikut.

  1. Buka situs prakerja.go.id melalui browser di ponsel atau komputer.
  2. Siapkan NIK dan nomor Kartu Keluarga (KK) untuk data diri.
  3. Masukan data diri anda dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan pembuatan akun.
  4. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara daring.
  5. Klik “Gabung” untuk gelombang yang sedang dibuka.
  6. Setelah itu, tunggu pengumuman peserta yang lolos untuk tahap seleksi gelombang melalui SMS.
  7. Masukkan kode OTP, kemudian klik verifikasi. Kemudian jangan lupa isi pernyataan dari pendaftar. Semua data harus diisi sampai selesai kemudian klik oke
 
3 dari 3 halaman

Syarat Pendaftaran

Sebelum mengikuti seleksi, pastikan terlebih dahulu ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi untuk bisa ikut Program Kartu Prakerja berikut.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, pekerja/butuh yang membutuhkan peningkatan keterampilan dan kompetensi kerja, pekerja/buruh yang dirumahkan, dan pelaku UMKM.
  4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan atau anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa/perangkat desa, dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN/BUMD.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.