Sukses

Rupiah Dibuka Menguat, Namun Potensi Tekanan Besar

Rupiah diperkirakan akan bergerak melemah di kisaran 14.400 per dolar AS dengan potensi penguatan 14.360 per dolar AS.

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada awal pekan ini.  Penguatan rupiah ini ditopang turunnya jumlah kasus baru Covid-19 di Indonesia.

Mengutip Antara, Senin (16/8/2021), pada pukul 9.52 WIB, rupiah menguat tipis satu poin atau 0,01 persen ke posisi 14.387 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya 14.388 per dolar AS.

"Sentimen pasar keuangan terlihat negatif terhadap aset berisiko pagi ini dengan melemahnya indeks-indeks saham regional. Dengan sentimen tersebut, rupiah mungkin bisa ikut melemah hari ini," kata Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra.

Menurut Ariston, kekhawatiran pasar yang meninggi terhadap laju kenaikan kasus baru Covid-19 dunia karena varian Delta, mungkin menjadi salah satu alasan sentimen alih risiko tersebut.

"Tapi di sisi lain, kasus Covid yang mulai menurun dan aktivitas masyarakat yang mulai dilonggarkan di Indonesia akan membantu menahan pelemahan nilai tukar rupiah dan mungkin bisa berubah menguat," ujar Ariston.

Jumlah kasus harian Covid-19 di Tanah Air terus menurun di mana pada Minggu (15/8) mencapai 20.813 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 3,85 juta kasus.

Sedangkan jumlah kasus meninggal akibat terpapar Covid-19 mencapai 1.222 kasus sehingga totalnya mencapai 117.588 kasus. Sementara itu, sebanyak 3,35 juta orang telah dinyatakan sembuh sehingga total kasus aktif COVID-19 mencapai 384.807 kasus.

"Data ekonomi AS, survei tingkat keyakinan konsumen AS bulan Agustus yang dirilis Jumat malam yang hasilnya menunjukkan pesimisme masyarakat, juga bisa membantu menahan penguatan dolar AS. Hasil ini mengindikasikan ekonomi AS belum siap dengan pengetatan moneter," kata Ariston.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pidato Kenegaraan Jokowi

Sementara itu, pidato Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka penyampaian pengantar atau keterangan pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2022 dan Nota Keuangan pada hari ini dinilai tidak akan banyak berdampak ke nilai tukar.

"Pidato Presiden Jokowi sepertinya sudah kita ketahui bersama, laporan soal pandemi dan optimisme pertumbuhan ekonomi ke depan. Jadi sepertinya tidak terlalu mempengaruhi nilai tukar," ujar Ariston.

Ariston mengatakan rupiah hari ini akan bergerak melemah di kisaran 14.400 per dolar AS dengan potensi penguatan 14.360 per dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.