Sukses

Jokowi Apresiasi Inovasi BPK di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi inovasi BPK dalam mewujudkan akuntabilitas di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji penyesuaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di tengah pandemi Covid-19. Ia mengapresiasi inovasi BPK dalam mewujudkan akuntabilitas di Indonesia, meski tidak bisa melakukan pemeriksaan dengan standar situasi normal.

"Di tengah kebutuhan pemerintah untuk bertindak cepat menyelamatkan masyarakat dari pandemi, peran pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI juga telah dilakukan beberapa penyesuaian," ungkap Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Presiden RI di Sidang Tahunan MPR RI pada Senin (16/8/2021).

Ia mengungkapkan bahwa situasi pandemi bukan situasi normal, dan BPK tidak bisa melakukan pemeriksaan dengan standar situasi normal. Namun ia menegaskan hal utama adalah menyelamatkan rakyat, dan merupakan hukum tertinggi dalam bernegara.

"Inovasi BPK untuk mewujudkan akuntabilitas untuk semua di negara kita patut untuk dihargai. Saya mengapresiasi upaya-upaya BPK untuk memberikan informasi temuan pemeriksaan agar ditindaklanjuti oleh pemerintah, baik di pusat maupun di daerah," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga memuji kinerja Mahkamah Agung. Ia mengatakan walaupun di era pandemi, kecepatan kerja dalam pelayanan peradilan juga tidak bisa ditunda, bahkan harus dipercepat. Proses administrasi dan persidangan perkara di Mahkamah Agung secara elektronik telah mampu mempercepat penanganan perkara.

"Bahkan,dengan adanya aplikasi peradilan-elektronik, e-Court, telah mempermudah dan meningkatkan jumlah perkara yang dibawa ke pengadilan," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksesoris Pakaian Jokowi di Sidang Tahunan MPR: Sandal dan Tas Koja Khas Baduy

Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, DPR RI-DPD RI 2021. Jokowi nampak mengenakan pakaian adat suku Baduy dari Lebak, Banten yang bernuansa hitam.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Jokowi tampak mengenakan topi dan tas kajo khas Baduy. Selain itu, Jokowi nampak tidak mengenakan sepatu melainkan sandal.

Adapun Jokowi akan berpidato dua kali dalam Sidang Tahunan MPR RI.

Pertama, Jokowi akan menyampaikan Pidato Presiden RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2021, pukul 08.30 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.