Jokowi Apresiasi Inovasi BPK di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Andina Librianty pada 16 Agu 2021, 09:45 WIB
Diperbarui 16 Agu 2021, 09:46 WIB
Sidang Tahunan MPR RI
Perbesar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berfoto bersama dengan Wapres Maruf Amin sebelum menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021 di Gedung MPR/DPR, Senin (16/8/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji penyesuaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di tengah pandemi Covid-19. Ia mengapresiasi inovasi BPK dalam mewujudkan akuntabilitas di Indonesia, meski tidak bisa melakukan pemeriksaan dengan standar situasi normal.

"Di tengah kebutuhan pemerintah untuk bertindak cepat menyelamatkan masyarakat dari pandemi, peran pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI juga telah dilakukan beberapa penyesuaian," ungkap Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Presiden RI di Sidang Tahunan MPR RI pada Senin (16/8/2021).

Ia mengungkapkan bahwa situasi pandemi bukan situasi normal, dan BPK tidak bisa melakukan pemeriksaan dengan standar situasi normal. Namun ia menegaskan hal utama adalah menyelamatkan rakyat, dan merupakan hukum tertinggi dalam bernegara.

"Inovasi BPK untuk mewujudkan akuntabilitas untuk semua di negara kita patut untuk dihargai. Saya mengapresiasi upaya-upaya BPK untuk memberikan informasi temuan pemeriksaan agar ditindaklanjuti oleh pemerintah, baik di pusat maupun di daerah," jelasnya.

Lebih lanjut, Jokowi juga memuji kinerja Mahkamah Agung. Ia mengatakan walaupun di era pandemi, kecepatan kerja dalam pelayanan peradilan juga tidak bisa ditunda, bahkan harus dipercepat. Proses administrasi dan persidangan perkara di Mahkamah Agung secara elektronik telah mampu mempercepat penanganan perkara.

"Bahkan,dengan adanya aplikasi peradilan-elektronik, e-Court, telah mempermudah dan meningkatkan jumlah perkara yang dibawa ke pengadilan," ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Aksesoris Pakaian Jokowi di Sidang Tahunan MPR: Sandal dan Tas Koja Khas Baduy

Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, DPR RI-DPD RI 2021. Jokowi nampak mengenakan pakaian adat suku Baduy dari Lebak, Banten yang bernuansa hitam.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, Jokowi tampak mengenakan topi dan tas kajo khas Baduy. Selain itu, Jokowi nampak tidak mengenakan sepatu melainkan sandal.

Adapun Jokowi akan berpidato dua kali dalam Sidang Tahunan MPR RI.

Pertama, Jokowi akan menyampaikan Pidato Presiden RI dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI Tahun 2021, pukul 08.30 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya