Sukses

4 Langkah Awal Mulai Atur Keuangan Pribadi

Kesuksesan finansial tergantung dari bagaimana Anda mengatur kondisi keuangan pribadi. Untuk itu, simak 4 langkah ini.

Liputan6.com, Jakarta Hidup hemat artinya mampu mengendalikan keuangan Anda, yang terkadang terasa seperti pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu, ketika hidup sudah sibuk.

Siapa yang memiliki waktu untuk melakukan semua hal kecil untuk menghemat uang, seperti menemukan cara untuk memotong biaya pengeluaran. Beberapa dari tugas keuangan pribadi itu sering kali gagal.

Tetapi ada beberapa cara sederhana untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran dengan cara berkontribusi pada kesuksesan finansial Anda.

Melansir dari laman the balance, Jumat (20/8/2021), panduan langkah-langkah ini akan membantu Anda menentukan kekayaan bersih, menetapkan tujuan keuangan, melacak pengeluaran, dan membantu membuat anggaran.

1. Tentukan Kekayaan Bersih

Kekayaan bersih merupakan total semua aset dikurangi kewajiban. Itu berguna untuk memberi tahu Anda banyak tentang kesehatan finansial saat ini, dan juga dapat membantu merencanakan masa depan finansial.

Kekayaan bersih adalah uang tunai yang akan Anda kantongi jika menjual semua yang dimiliki dan melunasi semua utang yang ada. Jika melihat dengan keras, jujur, dan menentukan angka sederhana ini, Anda kemudian dapat bekerja mundur untuk membuat anggaran, menetapkan tujuan keuangan, melacak pengeluaran, dan pada akhirnya dapat mengendalikan keuangan pribadi.

Setelah mengetahui berapa kekayaan bersih saat ini, biasakan untuk menghitung ulang setiap tahun atau setiap kali ada perubahan signifikan pada keuangan.

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Untuk mengatur keuangan, pertama-tama Anda harus memutuskan apa yang ingin dicapai. Apakah ingin menabung untuk masa pensiun, liburan, pendidikan perguruan tinggi anak, mobil baru, bahkan melunasi semua utang, atau apapun itu. 

Luangkan waktu untuk mengidentifikasi tujuan keuangan Anda entah besar atau kecil, dan tulislah. Kemudian, pikirkan tentang bagaimana Anda akan mencapai tujuan tersebut.

Rencana keuangan dapat membantu bersiap-siap untuk pengeluaran besar apa pun dengan sedikit kekhawatiran. Jika meluangkan waktu untuk menanam benih demi masa depan dengan membuat rencana dengan tujuan yang jelas dan garis waktu yang spesifik, Anda akan menuai hasilnya bertahun-tahun kemudian.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lacak Pengeluaran

Apakah Anda tahu berapa banyak anggaran yang dihabiskan setiap bulan? Jika tidak, sekaranglah saatnya untuk mencari tahu.

Lacak segala pengeluaran selama periode satu bulan, mengetahui ke mana uang pergi dapat membantu melukiskan gambaran yang jelas tentang kebiasaan pengeluaran Anda.

Apakah Anda menghabiskan terlalu banyak untuk hal-hal tak terduga dan tidak penting? Melihat angka-angka sulit mungkin menunjukkan bahwa hal-hal kecil benar-benar bertambah.

Pada akhir bulan, Anda harus memiliki gagasan yang lebih baik tentang di mana uang habis dan di mana Anda dapat menguranginya.

4. Buat Anggaran

Setelah menetapkan daftar tujuan keuangan dan memperhatikan kebiasaan pengeluaran, inilah saatnya untuk membuat anggaran yang mencerminkan bagaimana Anda ingin membelanjakan uang.

Untuk membuat anggaran yang efektif, mulailah dengan lembar kerja anggaran, di mana Anda akan mengumpulkan semua laporan keuangan, mencatat sumber pendapatan, membuat daftar pengeluaran bulanan, dan membuat penyesuaian untuk pengeluaran tersebut.

Kemudian, pelajarilah cara menganggarkan pengeluaran tahunan Anda dan memecahnya untuk mengembangkan rencana pengeluaran bulanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.