Sukses

Menko Luhut Minta Pemda Tak Tutupi Data Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus berupaya mengendalikan Pandemi Covid-19. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun melakukan pemantauan langsung ke daerah-daerah. Pada Jumat ini, bersama dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menko Luhut mengunjungi beberapa fasilitas Isolasi Terpusat (Isoter) dan sentra vaksinasi di kawasan Kota Malang dan Kota Batu.

Menko Luhut menjelaskan, fasilitas isolasi terpusat sangat penting untuk dibangun di setiap daerah. "Nanti ditesting, tracing ternyata anda kena ya anda ikut aja ke isoter, di sana kan ada dokternya, obatnya, ada pengecekannya, ada semua. jadi tidak menulari keluarga kita," jelas Menko Luhut, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021). 

Langkah ini ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. "Tidak tahu tiba-tiba saturasi Oksigen di bawah 80. kalau itu terjadi sudah susah ditolong sehingga angka kematian tinggi," sambung Menko Luhut.

Oleh karena itu, dia meminta dengan sangat kepada masyarakat agar apabila telah terjangkit Covid-19 segera masuk ke fasilitas isoter. "Saya mohon bapak-ibu sampaikan ke keluarganya melalui whatsapp,  saya sudah sampaikan bahwa kalau kena, tidak perlu malu, masuk saja di isoter," tukasnya.

Selain itu, Menko Luhut juga meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) tidak menutup-nutupi data terkait Covid-19. "Saya titip kepada Pemda tidak perlu ada angka-angka yang ditutupi.  Biar aja dibuka, itu masalah kita rame-rame kok. tidak ada yang salah.  Yang salah kalau kita tutupi, kalau kita patuh dengan protokol itu pasti (angka kasus aktif) turun," pesannya.

Lebih jauh, Menko Luhut menyebutkan bahwa Pandemi Covid-19 dapat diselesaikan. "Semua saya sudah lihat. Jadi saya lihat ini masalahnya bisa diselesaikan bila kita  mau melihat utuh dan menanganinya secara bersama-sama.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permintaan Menko Luhut

menko luhut pun lantas mencontohkan upaya pemerintah untuk mengkarantina penderita Covid-19 di fasilitas isolasi terpusat Buleleng, Bali.

"Seperti waktu saya di Buleleng mereka melakukan itu (isolasi) sehingga disana relatif aman. Jadi jangan khawatir mengenai angka (kasus aktif), biar aja tinggi, nanti kalau sudah kita obati pasti turun,"urainya.

Alasan perlunya penderita Covid-19 dirawat di fasilitas isolasi terpusat karena untuk kasus dengan gejala sedang hingga berat bila ditangani di rumah maka akan berakibat fatal. 

Dengan kondisi tersebut, dia meminta kepada masyarakat melalui media untuk mematuhi anjuran pemerintah tersebut.

"Jadi saya titip bapak-ibu sekalian mematuhi itu semua. Dan saya mohon teman-teman media sampaikan kepada saudara-saudara kita yang lain. Ikutilah program itu dan pemda saya minta untuk disiapin kerangka yang benar karena dananya ada," lanjut Menko Luhut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.