Sukses

Soroti Kasus Covid-19 Belum Turun, Luhut Minta Warga Bali Lakukan Ini

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti kasus Covid-19 di Bali yang belum turun.

Dia pun meminta warga Bali melakukan beberapa hal. “Bali itu 91 persen sudah vaksin, harusnya sudah bagus. Tapi ini masih stagnan, belum turun, sementara tempat-tempat lain sudah turun,” tegas Menko Luhut dalam keterangannya, Kamis (12/8/2021).

Dia melanjutkan, bahwa yang masih perlu ditingkatkan dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Bali adalah kegencaran melakukan 3T (testing, tracing, treatment) serta meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan, salah satunya menghindari kerumunan.

“Mohon untuk upacara keagamaan yang agar sementara ini diredam dan diperketat dulu prokesnya, karena selalu ada laporan setelah acara tersebut angka Covid-19 langsung meningkat signifikan karena berkerumun,” ujar dia.

Hal ini turut berkenaan dengan citra Bali sebagai destinasi pariwisata internasional, yang akan lebih disorot dalam hal kedisiplinan protokol kesehatan.

Menko Luhut melakukan kunjungan kerja ke sejumlah lokasi di Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar, Provinsi Bali pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Dalam kunjungannya, Menko Luhut memberikan arahan terkait langkah mitigasi penanganan Covid-19 di Provinsi Bali yang performanya dinilai masih harus dioptimalkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buleleng Jadi Model

Selanjutnya, Menko Luhut menegaskan bahwa seluruh kabupaten di Provinsi Bali harus menyediakan isoter dengan fasilitas lengkap mencakup tempat, persediaan makanan, tenaga kesehatan, fasilitas olahraga dan telemedicine.

“Buleleng saya kira bisa dibuat menjadi model. Dari sekian ratus orang yang sudah masuk isoter, belum ada yang meninggal satupun, success rate-nya tinggi” ujar Menko Luhut.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikit yang turut mendampingi mengatakan, “Sejauh ini persediaan obat di Bali cukup. Kita juga sudah mendapatkan bantuan dari Singapura dan Morowali, dan telah mengirim lebih dari 300 buah oxygen concentrator untuk rumah sakit-rumah sakit di Bali,” jelasnya.

Menkes Budi menegaskan agar pemerintah Bali tidak perlu ragu-ragu dalam menggencarkan 3T. “Kalau positif tidak apa-apa, setelah ketahuan langsung dibawa ke isoter supaya tidak menular. Jangan takut tes dan jangan takut melaporkan hasil tes, justru semakin banyak yang melaporkan akan semakin bagus,” jelas Menkes Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.