Sukses

Wapres Ma'ruf: Pandemi Bawa Dampak Positif, Percepat Digitalisasi UMKM

Digitalisasi UMKM ini harus juga diimbangi dengan dua prasyarat.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin mendorong agar pelaku Usaha Mikor, Kecil, dan Menengah (UMKM) menuju ke digitalisasi. Sebab, menurutnya di era disrupsi ini, digitalisasi semakin relevan dan strategis bagi UMKM untuk tetap bertahan dan berperan sebagai penggerak utama pemulihan ekonomi.

"Pandemi memang telah menghantam sebagian besar bisnis UMKM, namun pandemi juga membawa dampak positif, salah satunya mempercepat digitalisasi UMKM," katanya dalam Acara Peringatan Puncak Hari UMKM Nasional Tahun 2021 Peresmian Logo Baru Kementerian Koperasi dan UKM, Kamis (12/8).

Dia mengatakan, digitalisasi UMKM ini harus juga diimbangi dengan dua prasyarat. Pertama peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha UMKM dan dukungan kebijakan akses pasar bagi produk UMKM.

Wapres menambahkan, untuk mendukung hal tersebut maka dibutuhkan juga komitmen bersama untuk melakukan pembinaan dan pendampingan guna mendorong produktivitas UMKM. Sehingga mampu meningkatkan kapasitas produksi serta kualitas produknya.

"Pendamping dan dan pengembangan UMKM khususnya UMKM potensial ekspor, yang didukung dengan fasilitas kemudahan pembiayaan, serta kolaborasi dengan usaha besar," jelas dia.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ruang Bagi UMKM

Dalam kesempatan tersebut, Wapres Maruf jugamenyampaikan ucapan selamat serta apresiasi atas Peluncuran SMESCO Indonesia: Center of Excellence.

Hal ini sebagai ruang bagi UMKM untuk memamerkan produknya, sarana pendampingan dan pembelajaran, kerja sama kemitraan, serta sebagai sentra pelayanan bagi UMKM untuk mengefisiensikan biaya-biaya logistiknya.

"Berbagai kegiatan dan upaya yang diinisiasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama pihak perbankan dan Asosiasi juga patut kita apresiasi," kata dia.

Wapres ini kegiatan ini harus menjadi jembatan bagi pemerintah dan pelaku UMKM serta stakeholders lainnya untuk menciptakan ekosistem pengembangan UMKN yang berkesinambungan.

Dia juga mendorong dinas-dinas yang membidangi Koperasi dan UKM provinsi/ kabupaten/ kota seluruh lndonesia dapat memanfaatkan fasilitas yang disiapkan Kementerian Koperasi dan UKM ini untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.