Sukses

Sri Mulyani Ceritakan Sejarah Pasar Modal Indonesia, dari Batavia hingga Pandemi Covid-19

Sri Mulyani berpesan kepada seluruh pelaku pasar modal Indonesia, untuk selalu semangat pantang menyerah, dan terus berjuang menghadapi tantangan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani indrawati mengucapkan selamat ulang tahun ke-44 Pasar Modal Indonesia yang diperingati pada 10 Agustus 2021. Dia berharap pasar modal Indonesia menjadi pasar modal yang sehat, transparan dan mampu menjadi alat bagi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi secara aman.

“Saya ingin menyampaikan selamat ulang tahun ke 44 pasar modal Indonesia, secara historis pasar modal Indonesia hadir bahkan sebelum Indonesia merdeka, sejak zaman kolonial Belanda pada tahun 1912 sudah hadir pasar modal di Batavia,” kata Sri Mulyani dalam sambutannya di pembukaan perdagangan dalam rangka HUT 44 Pasar Modal, Selasa (10/8/2021).

Menkeu menceritakan, bahwa historis perang dunia pertama dan kedua juga dalam perjuangan Indonesia kemudian meluncurkan perpindahan kekuasaan dari pemerintah kolonial ke Pemerintah Republik Indonesia, menjadi konteks yang terus mempengaruhi pasar modal Indonesia.

“Sesudah mengalami vakum lebih 3 dekade, pasar modal Indonesia kemudian diaktifkan kembali dengan diresmikannya oleh Presiden Soeharto pada 10 Agustus 1977. Tanggal inilah yang kemudian dijadikan pasar modal Indonesia sebagai hari ulang tahun pasar modal Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, sejak saat itu pasar modal terus mengalami perkembangan dan menjadi bagian yang penting bagi pembangunan ekonomi Indonesia.

Di samping itu, cobaan dalam perekonomian suatu negara selalu terjadi termasuk untuk Indonesia. Khusus untuk pasar modal, dengan guncangan sektor keuangan sejak 1997, 1998 dan global financial crisis 2008 telah melahirkan suatu reformasi tata kelola pasar modal yang diharapkan lebih baik, transparan, kuat dan adil.

“Hari ini kita dihadapkan lagi dengan sebuah badai pandemi yang berasal dari sisi kesehatan covid-19, ini adalah krisis terburuk dalam 150 tahun terakhir. Program dan protokol kesehatan, vaksinasi menjadi penting, saya harap anggota pasar modal Indonesia juga ikut di dalam mensukseskan pelaksanaan protokol kesehatan dan vaksinasi,” ungkapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Sri Mulyani

Menkeu berpesan kepada seluruh pelaku dan masyarakat pasar modal Indonesia, dimana setiap menghadapi tantangan harus bisa dilalui dengan semangat pantang menyerah, dan terus berjuang menghadapi tantangan tersebut.

“Saya berpesan kepada seluruh pelaku dan masyarakat pasar modal Indonesia, setiap kita menghadapi tantangan kita diuji namun yang paling penting semangat untuk tidak menyerah mari kita terus berjuang karena kita mampu menghadapi tantangan ini,” ujarnya.

Dia yakin dengan ikhtiar bersama, gotong royong, serta terus melakukan berbagai Inovasi, Indonesia bisa menghadapi tren disertai perubahan teknologi digital yang pasti akan mempengaruhi banyak hal dalam transaksi pasar modal Indonesia.

“Jadilah yang terdepan dalam antisipasi perubahan-perubahan yang luar biasa, sambil terus menciptakan pasar modal yang sehat, transparan, dan mampu menjadi alat bagi masyarakat Indonesia di dalam berinvestasi secara aman. Tugas masih panjang dan banyak namun kita yakin bisa. Selamat ulang tahun pasar modal Indonesia, jaya terus,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.