Sukses

Menko Luhut Minta Warga yang Isoman Pindah ke Fasilitas Isolasi Terpusat

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, stok vaksin Covid-19, obat terapi, oksigen saat ini telah aman. Begitu pula dengan ketersediaan fasilitas kesehatan berupa tempat tidur yang sudah mencukupi. 

"Jadi kalau oksigen hampir tidak ada masalah, obat juga, tempat tidur juga enggak ada masalah, jadi sekarang ini relatif cukup, yang kita perlu adalah disiplin untuk melakukan 3T dan 3M," kata Menko Luhut seperti ditulis Minggu (8/8/2021).

Ia pun meminta kepada pemerintah daerah agar mengajak dan membujuk masyarakat yang saat ini melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah agar mau datang dan menjalani isolasi di lokasi isolasi terpusat (isoter) yang telah disiapkan.

Ia juga menyampaikan bahwa saat ini Varian Delta yang banyak ditemukan, memiliki tingkat reproduksi lebih tinggi dibandingkan dengan varian virus lainnya.

"Tadi sudah bicara dengan wali kota, pak bupati, sebanyak mungkin kita ajak warga ke sini. Saya sudah meninjau isoter di Solo, Klaten, Sragen, dan sekarang kemari, Magelang. Varian delta ini sangat ganas. Jadi kalau tidak cepat ditangani, nanti kalau saturasi oksigennya di bawah 90 sudah susah," kata Menko Luhut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Mumpuni

Menurut Menko Luhut, fasilitas yang disediakan di isoter-isoter yang ada sangatlah mumpuni dan baik, sehingga masyarakat tidak perlu ragu ketika ada seseorang mau menjalani isoman di Isoter. Menko Luhut juga memberikan semangat dan motivasi kepada pasien yang kini menjalani isoman di Isoter, agar tidak putus asa atas kondisi yang dialami saat ini.

"Jadi Bapak Ibu sekarang jangan pernah kecil hati. Saya punya anak itu kena, menantu saya juga kena. Sekarang varian delta ini sudah menyebar cukup masif hampir di seluruh dunia," sebutnya.

Tak hanya kepada para pasien Covid-19, Menko Luhut pun mengucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah merawat para pasien tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter dan tenaga kesehatan yang sudah bekerja keras dengan tulus untuk mengobati para pasien, saya berharap kalian terus bersemangat bekerja bersama pemerintah untuk mengendalikan pandemi ini," tukasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini