Sukses

RS Modular Pertamina Beroperasi, Bisa Tampung Pasien Covid-19 Ibu Hamil

Rumah Sakit Modular Pertamina, Tanjung Duren, Jakarta, resmi beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta Rumah Sakit Modular Pertamina, Tanjung Duren, Jakarta, resmi beroperasi. Rumah sakit ini sendiri dipakai untuk menampung pasien Covid-19. 

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menyampaikan rumah sakit modular ini memiliki kapasitas 305 tempat tidur dan sudah siap untuk seluruh fasilitasnya. Rumah sakit ini sendiri dilengkapi dengan ruang ICU.

"Rumah sakit ini dari kapasitas 305 tempat tidur, dua pertiganya adalah ICU. Dia dilengkapi dengan kebutuhan ICU yang komplet," katanya dalam konferensi pers peresmian rumah sakit, Jumat (9/8/2021).

Kemudian, rumah sakit ini juga menampung kebutuhan untuk penanganan Covid-19 bagi ibu hamil dan anak-anak. Di mana terdapat juga ruangan bersalin dan ruang ICU untuk anak.

"Rumah sakit ini juga didesain untuk ventilasi yang sangat bagus dan juga area yang terbuka untuk mendapatkan matahari yang cukup, sehingga pasien maupun nakes tidak merasa terkumpul di dalam suatu ruangan. Ini penting meningkatkan imunitas dari pasien itu sendiri," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Cuci Darah

Di samping itu, rumah sakit ini juga memiliki fasilitas untuk cuci darah. Selain itu, juga tidak kalah penting rumah sakit ini memiliki ruang rekreasi. Ruang rekreasi ini menjadi penting bagi penyembuhan pasien Covid-19, utamanya dalam psikologis mereka.

"Jadi di ruang rekreasi ini pasien pasien covid-19 yang sedang dalam tahap recovery ini bisa melakukan kegiatan apakah olahraga ringan ataupun entertaiment atau sekadar berjemur. Karena ini dilengkapi seluruhnya kaca terbuka dan keluarga bisa menyapa dari luar. Sehingga menimbulkan harapan bahwa saya sebentar lagi akan dijemput saya akan pulang. Ini juga penting untuk meningkatkan imunitas," jelas dia.

Dia berharap dengan selesainya Rumah Sakit Modular ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk masyarakat yang terkena Covid 19. "Dan tentu saja ini dengan fasilitas yang ada dan dengan nakes yang berpengalaman," tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.