Sukses

KA Bandara Internasional Yogyakarta Siap Beroperasi 17 Agustus 2021

Kehadiran kereta api bandara Yogyakarta akan meningkatkan aksesibilitas YIA, sehingga calon penumpang memiliki alternatif moda transportasi.

Liputan6.com, Jakarta - Uji coba lintasan kereta api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) dengan jalur Stasiun Kedundang - Stasiun YIA oleh PT Kereta Api Indonesia (Pesero) pada hari ini, Kamis 5 Agustus 2021, berjalan lancar. Uji coba ini merupakan pengecekan jalur lanjutan dengan lokomotif yang telah dilaksanakan juga sebelumnya pada 19 Juli 2021.

Untuk mendukung keberadaan KA Bandara YIA, Angkasa Pura I membangun peron Stasiun KA Bandara seluas 4.000 meter persegi dengan kapasitas 200 orang. Hingga saat ini, progres pengerjaannya telah mencapai 96 persen.

Stasiun KA Bandara YIA ini juga telah dilengkapi dengan overcapping peron sepanjang 200 meter, dan lebar 20 meter dengan progress pekerjaan yaitu 75 persen.

Target penyelesaian pekerjaan stasiun kereta api bandara secara keseluruhan adalah 14 Agustus 2021, dan dilanjutkan dengan pengoperasian KA Bandara yang rencananya dilakukan mulai 17 Agustus 2021. Stasiun YIA nantinya akan terhubung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta untuk mengakomodir penumpang pesawat yang menggunakan angkutan kereta api.

"Angkasa Pura I menargetkan pengerjaan stasiun kereta api Bandara YIA dapat selesai pada 14 Agustus, sehingga pengoperasian KA Bandara YIA dapat dilakukan oleh KAI pada 17 Agustus mendatang. Nantinya, Stasiun YIA akan terhubung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta untuk mengakomodir penumpang pesawat yang menggunakan angkutan kereta api," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, dalam keterangannya pada Kamis (5/8/2021).

Kehadiran kereta api bandara ini akan meningkatkan aksesibilitas YIA, sehingga calon penumpang memiliki alternatif moda transportasi dengan jarak tempuh yang lebih cepat, lebih kurang 36 menit dari kota Yogyakarta. Nantinya, calon penumpang dapat lebih mudah untuk melakukan perjalanan dari dan ke YIA.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konektivitas

Beroperasinya kereta api bandara, membuat YIA menjadi bandara dengan konektivitas dan moda transportasi pendukung yang lengkap dan terintegrasi yaitu adanya kereta api bandara, shuttle bus, bus DAMRI, taksi, dan angkutan darat lainnya.

YIA juga dapat menjadi bandara yang mampu mengakomodir kebutuhan transportasi dengan konektivitas yang tidak hanya mencakup wilayah Yogyakarta, namun juga sampai ke ujung batas wilayah Jawa Tengah yakni Cilacap, Purwokerto, Kebumen dan Banjarnegara.

"Komitmen untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jasa bandara akan terus diwujudkan, sehingga pengguna jasa dapat melakukan perjalanan udara dengan nyaman, aman, dan sehat. Kami tetap menghimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, sehingga kita semua dapat tetap saling jaga, karena pandemi masih ada," kata Faik Fahmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.