Biar Makin Cuan, Ini Trik Pintar Bayar Tagihan Bulanan

Oleh Reza pada 06 Agu 2021, 06:00 WIB
Diperbarui 06 Agu 2021, 06:00 WIB
Ilustrasi bayar tagihan
Perbesar
Ilustrasi bayar tagihan (Foto:Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Saat gajian tiba, kita diwajibkan untuk membayar sejumlah tagihan bulanan. Mulai dari listrik, air, asuransi, sampai internet. Namun karena tidak diatur dengan baik ada saja masalah yang membuat 'kantong' jebol saat membayar tagihan bulanan. Masih ada beberapa orang tidak terlalu memperdulikan pengeluaran setiap bulannya. 

Maka dari itu, alangkah baiknya kita selalu mencermati pengeluaran maupun pendapatan setiap bulannya, agar lebih hemat. Nah, berikut trik untuk mengatur pembayaran tagihan bulanan agar lebih hemat dan cuan. 

Catat Pengeluaran

Mencatat semua pengeluaran maupun pendapatan merupakan hal dasar agar bisa mengatur keuangan. Namun, hal ini kadang diacuhkan oleh banyak orang, padahal dengan mencatatnya kita bisa mengetahui flow keuangan kita setiap bulannya. 

Prioritaskan Bayar Tagihan

Setelah mencatatnya, kamu perlu mencermati tagihan mana saja yang sifatnya prioritas. Setelah itu, pilihlah dari tagihan bulan itu mana yang bisa kamu pangkas agar lebih hemat. Atau kamu bisa memperhatikan apakah tagihan bulanan tersebut dibutuhkan atau tidak. Jika tidak dibutuhkan, kamu bisa hapus dari daftar bayar tagihan bulanan. Lebih hemat kan?

Sebagai contoh, membayar tagihan listrik. Saat tagihan sudah datang, kamu harus membayarkan langsung agar uang untuk membayarnya tidak digunakan untuk hal lain. 

Sesuaikan Pendapatan dengan Pengeluaran

Selain mencatat tagihan, perlu diketahui bahwa kamu harus menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran dengan seksama. Jangan sampai, pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Hal itu akan memicu kerugian dan membuat masalah. Alangkah baiknya, sisihkan setidaknya 30 persen penghasilan untuk menabung atau sebagai uang darurat. 

Pilih Metode Pembayaran

Setelah itu, kamu bisa tinggal pilih metode pembayaran. Pilih metode yang mampu membuat kita hidup lebih praktis dan efisien. Pilih metode yang membuat kita #BebasDrama, seperti menggunakan aplikasi DANA. 

Dalam satu aplikasi, kamu bisa menggunakannya untuk segala macam transaksi. Kamu bisa membayar semua tagihan, seperti air, listrik, asuransi sampai internet. 

Tak hanya itu,  kamu bisa membayar tagihan dengan berbagai metode pembayaran melalui DANA. Mulai dari menggunakan Saldo DANA atau kartu bank yang tersimpan di DANA. Jika saldo DANA kurang, kamu bisa Top Up saldo dengan mudah, bisa melalui online maupun offline

Pembayaran juga bisa melalui QRIS yang bisa kamu temukan lebih dari 6,3 juta merchant di seluruh Indonesia. 

Buat kamu yang ingin merencanakan keuangan, bisa menggunakan fitur DANA Goals. Fitur ini bisa kamu gunakan untuk menyisihkan uang untuk mewujudkan rencana - rencanamu, misal membeli gadget, atau liburan.

Tenang, buat kamu yang sering lupa bayar tagihan, di DANA ada fitur Langganan yang bisa digunakan untuk list semua tagihan atau pembayaran yang bersifat prioritas. Dengan fitur ini, kamu bisa membayar semua tagihan dengan tepat waktu. Jadi kamu #BebasDrama dari telat bayar tagihan bulanan.

Dengan DANA, kamu bisa transaksi #BebasDrama!

 

(*)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya