Sukses

Perkuat Ekosistem Kendaraan Listrik, BPPT dan Pertamina Luncurkan 2 SPKLU

SPKLU Lenteng Agung dan MT Haryono telah banyak digunakan karena kemudahan akses dan operasionalnya yang hampir 24 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT Pertamina (Persero) bekerja sama meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kehadiran SPKL ini untuk memperkuat ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Dua SPKLU tersebut berada di Lenteng Agung dan MT Haryono, Jakarta. Sehingga total kini BPPT telah membangun 5 SPKLU dengan tiga lainnya pada 2020 yaitu di BPPT Thamrin, Puspitek Serpong, dan PT LEN Bandung.

"Sejalan dengan percepatan kendaraan listrik nasional telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan, BPPT terus berikan kontribusi positif guna mendukung ekosistem KBLBB," kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza, dalam konferensi pers pada Kamis (5/8/2021).

SPKLU Lenteng Agung dan MT Haryono disebut telah banyak digunakan karena kemudahan akses dan operasionalnya yang hampir 24 jam dalam sehari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Perizinan

Ditambahkan Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, ada tiga SPKLU yang dibangun perseroan bersama BPPT dan saat ini sudah dapat beroperasi, meski perizinan masih dirampungkan.

"Ini sudah bisa digunakan, kami berikan secara gratis, dan akan dikomersilkan ketika izin sudah selesai," tutur Nicke.

Menurutnya, SPKLU merupakan salah satu dari upaya perseroan dalam mendukung program pemerintah yaitu net zero emission atau bebas emisi karbon pada 2060.

"Target tersebut diterjemahkan ke dalam target penurunan karbon emisi 29 persen pada 2030," papar Nicke.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • SPKLU adalah singkatan dari Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum.

    SPKLU

  • BPPT adalah singkatan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

    BPPT

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina