Sukses

Amar Bank Cetak Laba Bersih Rp 2 Miliar di Kuartal II 2021

Pencapaian laba Amar Bank didorong dari pendapatan operasional sebesar Rp 134,5 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) atau Amar Bank berhasil mencatatkan laba bersih Rp 2 miliar di kuartal II 2021. Angka tersebut tumbuh 25,3 persen secara kuartalan. Pencapaian kinerja yang masih konsisten positif di tengah kondisi persaingan bank yang semakin ketat di era pandemi.

Presiden Direktur dan CEO Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, pencapaian Amar Bank pada kuartal II 2021 ini tentu tak lepas dari dukungan pemerintah, shareholders dan juga semua nasabah setia Amar Bank.

"Kedepannya, kami tetap berkomitmen untuk melakukan inovasi teknologi dan sistem pendanaan yang maksimal melalui bank digital, Senyumku, dan pinjaman digital, Tunaiku, sebagai dukungan terhadap pemulihan ekonomi yang melemah akibat pandemi.” jelas dia dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Ia melanjutkan, pencapaian laba Amar Bank tersebut didorong dari pendapatan operasional sebesar Rp 134,5 miliar atau tumbuh 7,5 persen QoQ di mana hal tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan bunga bersih dan pendapatan non bunga yang masih konsisten hingga saat ini.

Amar Bank berhasil mencatatkan pendapatan bunga bersih menjadi sebesar Rp 87,1 miliar atau naik 6,9 persen QoQ. Peningkatan kinerja pada pendapatan bunga Bersih ini disebabkan oleh cost of fund di level optimal sehingga dari sisi profitabilitas konsisten positif.

Amar Bank berhasil menyalurkan pinjaman Rp 1,85 triliun. Angka tersebut tumbuh 8,1 persen secara tahunan (YTD). Saat ini portofolio total pinjaman Amar Bank mayoritas masih didominasi oleh Tunaiku.

Pinjaman yang disalurkan melalui Tunaiku sebagian besar diberikan kepada segmen usaha mikro dengan kontribusi sebesar 44 persen dari total portofolio kredit. Hal tersebut menunjukkan segmentasi bisnis dari Amar Bank yang mendukung perbaikan ekonomi nasional, khususnya pada perekonomian UMKM.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendanaan

Dari sisi pendanaan hingga kuartal II 2021, Amar Bank tetap menjaga besaran dana pihak ketiga (DPK) pada level yang memuaskan. CASA (Current Account and Saving Account) tercatat sebesar Rp 155 miliar atau naik 94,7 persen YTD dan difokuskan untuk naik signifikan kedepannya seiring dengan bertambahnya pengguna digital bank Senyumku.

Senyumku adalah bank digital yang berbasis cloud pertama di Indonesia, diluncurkan pada Agustus 2020 melalui kolaborasi dengan Google. Senyumku yang didukung oleh teknologi AI dan data analytics ini bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia mengembangkan kebiasaan menabung dan menjaga kesehatan finansial.

Sementara itu, total aset berhasil tumbuh sebanyak 27,9% YoY atau menjadi sebesar Rp 3,9 triliun.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.