Viral! Uang Rp 2.000 Disemprot Hijau Mirip Rp 20.000

Oleh Tira Santia pada 04 Agu 2021, 15:40 WIB
Diperbarui 04 Agu 2021, 15:40 WIB
FOTO: Jelang Lebaran, Jasa Penukaran Uang Mulai Bermunculan
Perbesar
Penjual jasa penukaran uang menawarkan uang baru pecahan Rp 2.000 di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Kamis (6/5/2021). Penjual jasa musiman tersebut mulai ramai menjelang Lebaran. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Viral di media sosial postingan uang kertas pecahan Rp 2.000 disemprot warna hijau oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sehingga membuat uang tersebut seperti Rp 20.000.

Postingan tersebut diunggah oleh akun Instagram dramaojol.id, yang mengunggah tangkapan layar dari sebuah twitter dengan nama akun Reza Palevi @crezative.

"Hati-hati nih guys. Kondisi sekarang orang jahat makin pinter pake nyemprotin pewarna hijau ke uang Rp 2.000 jadi dikira uang Rp 20.000. Jangan cepat-cepat ngantongin uang," tulis akun @crezative dikutip Liputan6.com, Rabu (4/8/2021).

Tentu postingan itu dibanjiri komentar dari netizen. Salah satunya akun @cocolalac berkomentar bahwa orang tuanya sempat mengalami penipuan dengan modus yang sama, yakni diberikan uang kertas pecahan Rp 2000-an, yang seharusnya Rp 20.000.

“Bapak gw korban nya min, mana 100 rb di kasih 2000-an 5 biji. Dikira 20-an. Pulang-pukang cerita ama emak gw sambil berkaca-kaca. Bukan masalah duit nya, masalahnya 10 ribuan doang buat makan ga cukup jadi puasa dah kita seharian,” ujar @cocolalac.

Ternyata sudah banyak orang yang menjadi korbannya, hal itu diungkapkan oleh akun @stenleydvidd “Saya pernah bang semoga orang seperti itu diberikan kesadaran amin.”

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kerap Tertukar

FOTO: Jasa Penukaran Uang Baru Kian Marak Jelang Lebaran
Perbesar
Penjual jasa penukaran uang menawarkan uang baru di kawasan Jalan Raya Parung, Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021). Uang baru tersebut terdiri dari pecahan Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000 hingga Rp 75.000. (merdeka.com/Arie Basuki)

Lalu, “Aku kerja di spbu sering dpt uang palsu, alhamdulillahnya untung aja ketauan sebelum disetorin hehee kadang pengen ketawa liat reaksi orangnya kayak sengaja bgt buang2 uang palsu,” ujar akun @ohyagapapa.

Disisi lain ada netizen yang mengatakan meskipun uang Rp 2000 tidak disemprot warna hijau, terkadang masih tetap tertukar dengan uang kertas pecahan Rp 20.000 lantaran kedua uang kertas itu dinilai sangat mirip.

“Ga disemprot juga kadang suka ketuker,” kata akun @primanjp.

“Jahat bnget manusia. Tapi ga disemprot juga sering ketuker, udah beberapa kali bayar parkir pake Rp 20.000, ikhlas sih,” ujar akun @riana_zamillah.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya