Sukses

Sambut Keberadaan Securities Crowdfunding, Wagub Jabar Ingin Kemudahan Akses Modal ke UMKM

Wagub Jabar menilai akses permodalan masih menjadi kendala UMKM di Jabar naik kelas

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), UU Ruzhanul Ulum, menyambut baik sosialisasi Securities Crowdfunding untuk para pelaku UMKM yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Securities Crowdfunding merupakan alternatif pendanaan bagi UMKM maupun startup untuk mendapatkan dana melalui pasar modal.

Ia berharap program-program OJK dapat membantu menumbuhkan lagi perekonomian nasional, dan juga Provinsi Jawa Barat. Akibat pandemi Covid-19, kata UU, pertumbuhan perekonomian Jabar terus mengalami kontraksi.

"Di Jabar sebelum pandemi, kenaikan ekonomi di atas rata-rata tingkat nasional sampai 6,8 persen. Namun setelah pandemi, kita terjun bebas sampai minus sekian, kecuali yang masih tangguh adalah di bidang pertanian," ujar dia dalam Webinar Securities Crowdfunding "Alternatif Pendanaan bagi UMKM" pada Selasa (3/8/2021).

OJK memang diharapkan bisa mempermudah usaha para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama di tengah pandemi Covid-19.

Kendala yang dihadapi oleh UMKM saat ini antara lain mengenai akses termasuk untuk mendapatkan modal dan untuk menjual produk-produknya.

Menurut dia, persoalan lain yang dihadapi para pelaku UMKM adalah terkait digitalisasi. Hal ini masih menjadi kendala, padahal pengetahuan digital merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki untuk menjalankan usaha saat ini.

"Karena itu, saya berharap OJK dengan segala kesibukan dan programnya, ada perhatian pada kelemahan-kelemahan yang tadi kami sampaikan. Adanya pelatihan dan pendekatan, sehingga yang menjadi masalah dasar tersebut ada solusi di masa mendatang," jelasnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantu Pemulihan Ekonomi Jabar

UU berharap program OJK untuk UMKM dapat membantu memulihkan perekonomian Jabar. Terlebih lagi, UMKM diketahui sebagai sektor ekonomi yang dominan di Jabar.

"UMKM sebagai ekonomi kerakyatan yang mampu bertahan dan menjadi ekonomi mayoritas khususnya di Jabar, sehingga perhatian OJK untuk UMKM sangat dibutuhkan," kata UU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.