Sambut Keberadaan Securities Crowdfunding, Wagub Jabar Ingin Kemudahan Akses Modal ke UMKM

Oleh Andina Librianty pada 03 Agu 2021, 12:34 WIB
Diperbarui 03 Agu 2021, 13:35 WIB
20151104-OJK Pastikan Enam Peraturan Akan Selesai Pada 2015
Perbesar
Petugas tengah melakukan pelayanan call center di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), UU Ruzhanul Ulum, menyambut baik sosialisasi Securities Crowdfunding untuk para pelaku UMKM yang digelar Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Securities Crowdfunding merupakan alternatif pendanaan bagi UMKM maupun startup untuk mendapatkan dana melalui pasar modal.

Ia berharap program-program OJK dapat membantu menumbuhkan lagi perekonomian nasional, dan juga Provinsi Jawa Barat. Akibat pandemi Covid-19, kata UU, pertumbuhan perekonomian Jabar terus mengalami kontraksi.

"Di Jabar sebelum pandemi, kenaikan ekonomi di atas rata-rata tingkat nasional sampai 6,8 persen. Namun setelah pandemi, kita terjun bebas sampai minus sekian, kecuali yang masih tangguh adalah di bidang pertanian," ujar dia dalam Webinar Securities Crowdfunding "Alternatif Pendanaan bagi UMKM" pada Selasa (3/8/2021).

OJK memang diharapkan bisa mempermudah usaha para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), terutama di tengah pandemi Covid-19.

Kendala yang dihadapi oleh UMKM saat ini antara lain mengenai akses termasuk untuk mendapatkan modal dan untuk menjual produk-produknya.

Menurut dia, persoalan lain yang dihadapi para pelaku UMKM adalah terkait digitalisasi. Hal ini masih menjadi kendala, padahal pengetahuan digital merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki untuk menjalankan usaha saat ini.

"Karena itu, saya berharap OJK dengan segala kesibukan dan programnya, ada perhatian pada kelemahan-kelemahan yang tadi kami sampaikan. Adanya pelatihan dan pendekatan, sehingga yang menjadi masalah dasar tersebut ada solusi di masa mendatang," jelasnya.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bantu Pemulihan Ekonomi Jabar

Wagub Uu Ruzhanul Tegaskan Jabar Seirama dalam Penanganan COVID-19
Perbesar
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat Rapat Anggota Umum Wanadri 2021 yang dilakukan secara daring dari Rumah Singgah Wagub, Kota Bandung, Sabtu (26/6/2021).

UU berharap program OJK untuk UMKM dapat membantu memulihkan perekonomian Jabar. Terlebih lagi, UMKM diketahui sebagai sektor ekonomi yang dominan di Jabar.

"UMKM sebagai ekonomi kerakyatan yang mampu bertahan dan menjadi ekonomi mayoritas khususnya di Jabar, sehingga perhatian OJK untuk UMKM sangat dibutuhkan," kata UU.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya