Sukses

Target 70 Juta Vaksin Covid-19 di Agustus, Luhut Ingin Ekonomi Dibuka September 2021

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan atau Menko Luhut menekankan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam bentuk program vaksinasi Covid-19, 3M dan 3T. Itu diharapkan bisa mengurangi angka penyebaran dan segera membuka kembali aktivitas ekonomi.

Oleh karenanya, Menko Luhut menargetkan angka penyuntikan vaksin Covid-19 bisa mencapai 70 juta dosis pada Agustus ini.

"Mengenai vaksinasi, kita bulan ini berharap bisa 60-70 juta kita vaksin Agustus. Dan kita harap juga September demikian," ujar Luhut dalam sesi teleconference, Senin (2/8/2021).

Menurut dia, Agustus 2021 ini jadi waktu yang sangat penting bagi pemerintah untuk memanfaatkan dan meningkatkan cakupan vaksinasi di tengah masyarakat. Sehingga aktivitas ekonomi pada September depan bisa kembali terbuka.

"Dan Presiden (Jokowi) memerintahkan kami untuk melakukan langkah-langkah ini dengan sebaik-baiknya dan sedetil-detilnya. Penetapan strategi 3M dan 3T, agar September bisa mulai dilakukan pembukaan secara bertahap," ungkap 4619222.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Kerjasama Masyarakat

Untuk penerapan 3M dan 3T, Luhut memohon kerjasama dengan masyarakat agar penerapannya bisa berjalan maksimal. Di sisi lain, pemerintah juga terus menyiapkan stok vaksin Covid-19 agar ketersediaannya mencukupi.

Sehingga, ia berharap, kegiatan ekonomi bisa kembali dibuka secara perlahan dalam waktu dekat ini hingga September 2021.

"Nanti kita lihat secara mingguan, mungkin secara bertahap ada juga nanti yang sudah mulai kita buka (kegiatan ekonomi). Suplai vaksin harus dipastikan cukup untuk mencapai target yang sudah ditetapkan," pungkas Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.