Sukses

PPKM Level 4 Diperpanjang di 45 Kabupaten dan Kota Luar Jawa-Bali

Terdapat 20 provinsi di luar Jawa-Bali yang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Oleh karena itu terdapat beberapa kota yang PPKM level 4 diperpanjang.

Liputan6.com, Jakarta - Terdapat 20 provinsi di luar Jawa-Bali yang mengalami peningkatan kasus Covid-19. Oleh sebab itu beberapa kabupaten dan kota mengalami perpanjangan PPKM level 4. 

"Kami ingin laporkan adalah yang kenaikan perkembangan di luar Jawa Bali adalah yang naik 20 provinsi yang tertinggi adalah provinsi Sulawesi Tengah, Riau, Sumut, Gorontalo dan Kalimantan Barat," kata Airlangga dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (2/8/2021).

Sedangkan provinsi yang mengalami penurunan kasus antara lain Nusa Tenggara Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat. Kepulauan Riau dan Kalimantan Tengah.

Berdasarkan kabupaten dan kota, Airlangga menyebut terdapay 45 kabupaten dan kota di 21 provinsi yang status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dilanjutkan.

"Kalau kita lihat kota dan kabupaten yang naik karena kami mengkonsentrasikan pada kota/kabupaten yang naik di luar jawa-bali di ada 21 provinsi dan 45 kabupaten kota yang level 4 dan ini dilanjutkan," kata dia.

Salah satunya terjadi kenaikan terjadi di Kota Medan. Alasannya karena kota Medan hampir seluruh rumah sakitnya menjadi rujukan di Sumatera Utara.

Kemudian kota Makassar, Banjarmasin, Kota Pekanbaru, Kota Banjarbaru, Kota Tarakan dan Jayapura. Sedangkan dari kabupaten yang mengalami peningkatan yakni Sika, Berau dan Belitung.

"Ini adalah daerah-daerah yang kenaikan tinggi dan pemerintah memberikan prioritas kepada daerah-daerah tersebut," kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggunaan Masker

Menurut data Satgas Covid-19 terkait pemantauan perilaku masyarakat menunjukkan penggunaan masker beberapa wilayan di luar Jawa dan Bali masih menjadi masalah. Empat kota yang dengan tingkat penggunaan masker terendah adalah Kota Padang, Kota Sorong, Musirawas dan Jawa Pura.

"Yang tingkat kepatuhannya paling rendah yakni Padang, Sorong, Musirawas dan Jayapura," kata dia.

Sementera itu wilayah yang dengan tingkat kepatuhan tertinggi antara lain Mimika, Bontang, Pekanbaru, Lubuk Linggau dan Bulungan. Lima wilayah ini capaian kepatuhannya mencapai 100 persen.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.