Sukses

Pengembang Aplikasi dan Game Sumbang Rp 25 Triliun ke PDB RI

Sandiaga Uno, mengungkapkan subsektor game memberikan kontribusi positif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2021

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengungkapkan subsektor game memberikan kontribusi positif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2021. Developer aplikasi dan game disebut menyumbang sekira Rp 25 triliun untuk PDB.

"Data dari outlook pariwisata dan ekonomi kreatif 2020/2021, subsektor aplikasi dan game developer akan menyumbang sekitar Rp 25 triliun terhadap PDB negara," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing pada Senin (2/8/2021).

Melihat potensi besar di industri ekonomi kreatif ini, kata Sandiaga, Kemenparekraf pun memfasilitasi keikutsertaan game developer Indonesia ke Tokyo Game Show 2021. Acara ini akan digelar pada September-Oktober 2021 secara hybrid, yakni daring dan luring.

Acara besar tersebut dinilai dapat menunjukkan kualitas game Indonesia di mata global. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi yang luas biasa dan sangat menjanjikan.

"Indonesia akan berpartisipasi secara daring karena keterbatasan yang harus kita atasi. Harapan kami melalui ajang ini, para peserta dapat menunjukkan kualitas game Indonesia di mata global," tutur Sandiaga.

"Kita sudah melihat beberapa contoh game seperti dari Yogyakarta dan Kediri, luar biasa dan kita punya potensi yang sangat menjanjikan," ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertama Kali

Ini bukan kali pertama Indonesia berpartisipasi di Tokyo Game Show. Sebelumnya, Indonesia telah berpartisipasi dalam Tokyo Game Show 2018 dengan membawa 7 peserta.

Delegasi Indonesia pada Tokyo Game Show 2021 antara lain adalah 4happy Studio, Agate, Algorocks, Ayoo Kreasi, dan Big Fire Studio. Total ada 19 perwakilan dari Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.