Pengembang Aplikasi dan Game Sumbang Rp 25 Triliun ke PDB RI

Oleh Andina Librianty pada 02 Agu 2021, 17:50 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 17:50 WIB
Garuda Indonesia perkenalkan karakter game online yang pertama dari Indonesia yang berjudul LOKAPALA: Saga of The Six Realms.
Perbesar
Garuda Indonesia perkenalkan karakter game online yang pertama dari Indonesia yang berjudul LOKAPALA: Saga of The Six Realms.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengungkapkan subsektor game memberikan kontribusi positif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2021. Developer aplikasi dan game disebut menyumbang sekira Rp 25 triliun untuk PDB.

"Data dari outlook pariwisata dan ekonomi kreatif 2020/2021, subsektor aplikasi dan game developer akan menyumbang sekitar Rp 25 triliun terhadap PDB negara," kata Sandiaga dalam Weekly Press Briefing pada Senin (2/8/2021).

Melihat potensi besar di industri ekonomi kreatif ini, kata Sandiaga, Kemenparekraf pun memfasilitasi keikutsertaan game developer Indonesia ke Tokyo Game Show 2021. Acara ini akan digelar pada September-Oktober 2021 secara hybrid, yakni daring dan luring.

Acara besar tersebut dinilai dapat menunjukkan kualitas game Indonesia di mata global. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi yang luas biasa dan sangat menjanjikan.

"Indonesia akan berpartisipasi secara daring karena keterbatasan yang harus kita atasi. Harapan kami melalui ajang ini, para peserta dapat menunjukkan kualitas game Indonesia di mata global," tutur Sandiaga.

"Kita sudah melihat beberapa contoh game seperti dari Yogyakarta dan Kediri, luar biasa dan kita punya potensi yang sangat menjanjikan," ungkapnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pertama Kali

Ilustrasi Game Mobile, PUBG
Perbesar
Ilustrasi Game Mobile, PUBG (Photo by SCREEN POST on Unsplash)

Ini bukan kali pertama Indonesia berpartisipasi di Tokyo Game Show. Sebelumnya, Indonesia telah berpartisipasi dalam Tokyo Game Show 2018 dengan membawa 7 peserta.

Delegasi Indonesia pada Tokyo Game Show 2021 antara lain adalah 4happy Studio, Agate, Algorocks, Ayoo Kreasi, dan Big Fire Studio. Total ada 19 perwakilan dari Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya