Penelusuran Dahlan Iskan, Sumbangan Akidi Tio Tersimpan di Bank Singapura dan Cair Besok

Oleh Arief Rahman Hakim pada 01 Agu 2021, 16:40 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 22:07 WIB
Sosok Akidi Tio, Pengusaha yang Sumbang Rp 2 Triliun untuk Warga Terdampak Pandemi
Perbesar
Keluarga pengusaha bantu Rp 2 triliun bagi warga terdampak pandemi Covid-19. (Sumber: Merdeka.com/Irwanto)

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan sumbangan Rp 2 triliun dari keluarga konglomerat Akidi Tio memasuki babak baru. Kabarnya, sumbangan tersebut akan cair besok, Senin (2/8/2021).

Kabar ini didapatkan mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan, dari informasi yang dikumpulkan teman dekat anak bungsu Akidi Tio, Heryanti.

Dalam update unggahan Dahlan di disway.id, ia memaparkan percakapannya dengan seorang perempuan yang disebut ‘si cantik’. Kendati informasi itu ia dapatkan, namun sosok siapa ‘si cantik’ tersebut belum akan diungkap Dahlan.

Ya, Dahlan menanyakan langsung terkait sumbangan Rp 2 triliun ke perempuan tersebut. setelah Dahlan sedikit mengisahkan tentang kedekatan antara perempuan itu dengan Heryanti.

"Ada. Mungkin paling lambat Senin lusa cair," jawab perempuan itu, mengutip tulisan di Diway.id, Minggu (1/8/2021).

Dahlan terus mencecar dengan pertanyaan tambahan, dan seakan dijawab santai oleh perempuan itu. “Dari mana Anda tahu Senin bisa cair?" tanya Dahlan.

“Saya baru saja telepon Heryanti. Dia bilang begitu," jawab perempuan itu.

Dahlan mencoba memastikan uang tersebut akan benar-benar disalurkan. Ia juga sempat menguji perempuan tersebut ketika disampaikan waktu spesifik perkiraan pengiriman dana tersebut.

“Saya percaya dia. Dia bilang begitu, jawabnya lagi. Iya sih. Tapi kali ini bicaranya kan dengan Kapolda. Mana bisa sembarangan," kata perempuan itu kepada Dahlan.

Sumber itu mengatakan bahwa uang tersebut masih ada di bank di Singapura. Uang itu milik ayah Haryanti, Akidi Tio yang meninggal tahun 2009 lalu, di umur 89 tahun. Istri Aki meninggal empat tahun sebelumnya.

Uang itu hasil usaha Aki dengan partner bisnis di Singapura dan Hongkong. Mereka juga punya aset dalam bentuk gedung-gedung.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tak Sendiri

Pengusaha Asal Aceh Sumbang Rp2 Triliun untuk Penanganan Covid-19 di Sumsel
Perbesar
Bantuan dana sebesar Rp2 triliun, disalurkan keluarga mendiang Akidi Tio, melalui dokter keluarga mendiang Akidi Tio, Prof Hardi Darmawan ke Polda Sumsel (Dok.Humas Polda / Nefri Inge)

Sementara itu, Dahlan menuliskan tak hanya Heryanti yang mengetahui perihal uang tersebut, tujuh bersaudara anak Akidi Tio mengetahui tentang uang simpanan tersebut.

“Hanya saja mereka sudah ''putus harapan''. Uang itu tidak akan bisa dicairkan. Kalau toh bisa harus dengan usaha yang luar biasa dan biaya yang besar,” Tulis Dahlan.

Sumber yang ditemui Dahlan mengaku juga telah meminjami Heriyanti Rp 3 miliar untuk mengurus pengambilan uang Rp 2 Triliun milik Akidi Tio.

“Di antara 7 bersaudara, tinggal Heryanti yang masih tidak mau menyerah. Dia terus berusaha mendapatkannya. Mungkin Heryanti mendapat kabar dari Singapura bahwa uangnya sudah bisa diambil –sehingga berani menghadap Kapolda,” tulisnya.

Saking dekatnya sumber yang ditemui Dahlan dengan Heriyanti, perempuan itu pernah menemani anak Akidi Tio ke Singapura hingga Hong Kong untuk mendampingi pengurusan tersebut. Perempuan itu disebut-sebut mendukung penuh Heriyanti tanpa sedikitpun ragu terhadap kebaikan anak konglomerat itu.

“Mungkin Senin depan. Atau Senin depannya lagi...,” tutup Dahlan.

Terkait siapa sosok perempuan yang ditemui Dahlan, ia tak mau membuka lebih jauh identitasnya. Di awal tulisan, Dahlan hanya memberikan bocoran bahwa pembaca tulisannya kelak akan familiar dengan perempuan yang memiliki lima ‘I’ di namanya itu.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya