Inovasi BTN di Masa PPKM Level 4, Gelar Akad KPR Massal Secara Drive Thru

Oleh Andina Librianty pada 31 Jul 2021, 13:30 WIB
Diperbarui 31 Jul 2021, 13:30 WIB
BTN Luncurkan Plaza KPR
Perbesar
Pengunjung melihat maket rumah pada peluncuran Plaza KPR dan KPR Hotline di Jakarta, Selasa (12/12). Plaza KPR merupakan gerai khusus yang diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai KPR PT BTN (Persero). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN dan PT. Kesuma Agung Selaras (KAS) berkolaborasi menggelar acara Akad Kredit Masal KPR Drive-Thru untuk ketiga proyek perumahan Graha Laras Sentul, Graha Selaras, dan Geriya Selaras Bogor.

Gelaran ini merupakan inovasi BTN dan PT KAS untuk mempermudah konsumen dalam memiliki hunian di tengah pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

Senior Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) Bank BTN Suryanti Agustinar mengatakan, saat ini ruang gerak masyarakat menjadi terbatas menyusul kebijakan pemerintah yang memperpanjang Perberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 akibat mewabahnya varian Delta Covid-19 di Indonesia.

Namun, meski dalam kondisi PPKM, Bank BTN terus berinovasi agar penyaluran kredit perumahan serta industri properti secara keseluruhan tetap barjalan. Mensiasati situasi ini, Bank BTN dan PT. KAS selaku pengembang, melakukan inovasi dalam melakukan akad kredit KPR masal dengan cara Drive-Thru.

“Kita sadari saat ini kondisi PPKM yang mengharuskan kita Work From Home dan menerapkan protokol kesehatan ketat. Namun, bisnis tetap harus berjalan, dan salah satu terobosannya adalah Akad Kredit Masal secara Drive-Thru seperti ini. Ini pilihan yang terbaik dalam kondisi seperti ini,” ujarnya dikutip Sabtu (31/7/2021).

Dalam Akad Kredit Masal Drive-Thru ini, layaknya akad di masa normal, BTN dan pihak PT. KAS menyediakan tiga booth, yakni booth pengembang, booth notaris dan booth perbankan. Konsumen yang akan melakukan akad kredit hanya berdiam di dalam mobil, dan dilayani pada setiap booth dengan protokol kesehatan yang ketat.

BTN memberikan bunga spesial kepada konsumen PT. KAS sebesar 4,75 persen selama setahun dan diberikan fasilitas KPR Express. Selain dukungan KPR, BTN juga memberikan Kredit Konstruksi atau Kredit Yasa Griya untuk pembangunan beberapa proyek dari PT. KAS.

Melalui kredit konstruksi ini, PT. KAS bisa langsung membangun unitnya tanpa harus menunggu uang muka atau down payment dari konsumen sebagai pendukung cashflow pengembang.

“Ini sinerginya luar biasa, kita kasih bunga murah, kita kasih kecepatan proses, pengembang atau developer juga memberikan keringanan di biaya-biaya proses, jadi proses KPR tidak terlalu lama, pada saat DP lunas maka konsumen bisa langsung akad dan rumah bisa langsung dihuni,” ujar Suryanti.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nilai Transaksi

Peningkatan KPR Bersubsidi
Perbesar
Pekerja memasang umubul-umbul pada pembangunan perumahan bersubsidi di Bukit Rancayamaya Residences, Bogor, Minggu (14/02/2021). PT BTN Tbk mengalami lonjakan penyaluran KPR subsidi pada kuartal III dan kuartal IV tahun 2020 setelah sempat mengalami penurunan di kuartal kedua. (merdeka.com/Arie Basu

Sementara Direktur PT. KAS, I Wayan Madik Kesuma mengatakan dalam Akad KPR Masal Drive-Thru dihadiri oleh 21 konsumen yang melakukan Akad Kredit dengan nilai transaksi mencapai 18 miliar.

“Ini merupakan terobosan baru dimana melakukan akad kredit massal dengan Drive-Thru. Kita ingin protokol kesehatan dijalankan dengan ketat namun substansi akad kredit juga tetap berjalan. Dan berbicara penjualan kami dari awal tahun hingga saat ini di bandingkan dengan tahun lalu cukup fenomenal naik dua kali lipat,” jelasnya.

Wayan menuturkan, progress penjualan Proyek Graha Laras Sentul tahun ini sangat baik. Semester satu ini sekitar 130 unit telah laku terjual dengan nilai 108 milyar. Angka penjualan di Semester Satu 2021 ini menurutnya sama dengan angka penjualan setahun lalu.

Sementara itu, Evan salah satu konsumen mengaku senang atas berlangsungnya acara Akad Kredit Masal Drive-Thru ini. Evan yang datang bersama istrinya menuturkan, proses akad sangat mudah dan cepat dan menerapkan protokol kesetahan yang ketat. Evan mengaku membeli tipe munich dengan luas tanah 130 dan luas bangunan 69 senilai Rp 1,3 miliar.

“Nggak nunggu lama. Sudah dijelaskan sebelumnya oleh pihak penyelenggara sehingga saat datang saya bersama istri tinggal menandatangi dokumen-dokumen yang dibutuhkan di dalam mobil. Graha Laras Sentul ini aksesnya luar biasa, langsung masuk dari Jalan Raya Bogor,” tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya