Sukses

Harga Minyak Turun Meski Konsumsi BBM Mulai Meningkat

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk September turun 2 sen menjadi USD 76,03 per barel.

Liputan6.com, Jakarta - Harga minyak turun pada perdagangan Jumat namun tetap dalam tren kenaikan mingguan dengan permintaan tumbuh lebih cepat daripada pasokan, sementara vaksinasi diperkirakan akan mengurangi dampak kebangkitan infeksi COVID-19 di seluruh dunia.

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk September turun 2 sen menjadi USD 76,03 per barel, menyusul lonjakan 1,75 persen pada hari Kamis lalu. Kontrak Brent yang lebih aktif untuk Oktober turun 14 sen, atau 0,2 persen menjadi USD 74,96 per barel.

Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS turun 8 sen menjadi USD 73,53 per barel, mengurangi kenaikan 1,7 persen dari Kamis.

Tetapi kedua kontrak acuan menuju kenaikan sekitar 2 persen untuk minggu ini.

Bahkan dengan kasus virus corona yang meningkat di Amerika Serikat, di seluruh Asia dan sebagian Eropa, analis mengatakan tingkat vaksinasi yang lebih tinggi akan membatasi perlunya penguncian keras yang memusnahkan permintaan selama puncak pandemi tahun lalu.

"Pasar minyak tampaknya tidak lagi melihat masalah varian Delta dengan alarm yang sama seperti pada awal pekan lalu," kata analis Commerzbank, Carsten Fritsch.

“Ada keyakinan bahwa kampanye vaksinasi yang sedang berlangsung di negara-negara industri akan mencegah pengenalan kembali pembatasan mobilitas yang meluas,” tambahnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konsumsi Bensin

Analis juga menunjukkan rebound cepat dalam konsumsi bensin dan produksi industri India menyusul lonjakan COVID-19 awal tahun ini sebagai tanda bahwa ekonomi lebih tahan terhadap pandemi.

“Delta adalah risiko, tetapi apakah itu akan menggagalkan pertumbuhan permintaan di paruh kedua? Kami mungkin tidak melihat itu,” kata analis komoditas Commonwealth Bank Vivek Dhar.

Pengekspor minyak utama Arab Saudi diperkirakan akan menaikkan harga di berbagai kelas minyak mentah yang dijualnya ke Asia pada September untuk bulan kedua berturut-turut, mengikuti kekuatan di tolok ukur Timur Tengah, kata sumber perdagangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.