Erick Thohir Terima Bantuan 60 Oksigen Konsentrator dari Diaspora RI di Hong Kong

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 30 Jul 2021, 19:15 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 19:15 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Perbesar
Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana KPC-PEN Erick Thohir menyambut kedatangan bahan baku vaksin Sinovac di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (31/5/2021). (Dok Kementerian Komunikasi dan Informatika)

Liputan6.com, Jakarta - Bantuan terus mengalir di tengah mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Kali ini, bantuan datang dari salah satu diaspora Indonesia yang juga merupakan pengusaha di Hong Kong.

Benevolence Charity Hall Ltd Hong Kong sebuah lembaga sosial di Hong Kong telah menyumbangkan 60 unit Oxygen Concentrator (OC) kapasitas 10 liter senilai USD 30.600 atau setara Rp 444,5 juta kepada Pemerintah Indonesia.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mewakili Pemerintah RI mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi atas bantuan tersebut.

"Kementerian BUMN akan mendistribusikan bantuan dimaksud melalui Yayasan BUMN untuk Indonesia kepada rumah sakit yang membutuhkan di tanahair," dikutip dari keterangan resmi Kementerian BUMN, Sabtu (30/7/2021).

Sebelumnya, sebagai salah satu bentuk upaya membantu Pemerintah Indonesia dalam penangananpendemi, KJRI Hong Kong telah melakukan pendekatan kepada beberapa mitra di wilayah kerjanyauntuk memperoleh pasokan OC guna membantu pasien Covid-19 di berbagai rumah sakit rujukan Covid-19 di Indonesia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Respon Positif

Permintaan Oksigen Medis Meningkat di Masa Pandemi
Perbesar
Aktivitas pengisian ulang tabung oksigen di agen isi ulang oksigen kawasan Kalimalang, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Arif, salah seorang pekerja mengungkapkan permintaan oksigen untuk kebutuhan medis rumahan meningkat 50 persen sejak pandemi Covid-19 mewabah di Jakarta. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Upaya KJRI Hong Kong tersebut mendapat respon positif dari BenevolenceCharity Hall Ltd Hong Kong, yang merupakan sebuah lembaga sosial yang sering memberikan bantuan dan hibah kepada berbagai negara di Asia.

OC tersebut dipesan melalui produsen Guangdong OWGELS Science dan Technology Co, Ltd yang berlokasi di Kota Guangzhou, China.

KJRI Hong Kong berkomunikasi dengan pihak Kementerian BUMN terkait pengaturan pengiriman bantuan dimaksud dari Guangzhou ke Indonesia. Pengirimanbantuan tersebut difasilitasi dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia di Guangzhou.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya