KAI Sediakan Vaksinasi Covid-19 Gratis di 18 Stasiun

Oleh Arief Rahman Hakim pada 30 Jul 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 18:15 WIB
Vaksinasi Bagi Pengguna KRL dan Masyarakat Umum di Stasiun Jakarta Kota
Perbesar
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin ke penumpang KRL Commterline serta masyarakat umum di Stasiun Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021). Vaksinasi disediakan 300 dosis bagi penumpang dan masyarakat umum guna menekan penyebaran Covid-19. (merdeka.comm/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Mempercepat target vaksinasi di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (KAI) hadirkan layanan vaksinasi di sejumlah stasiun. Hingga saat ini, telah ada 18 stasiun yang mengadakan vaksinasi tersebut.

Kegiatan tersebut menyasar pengguna aktif kereta jarak jauh dan lokal dan masyarakat di sekitar stasiun.

Stasiun yang saat ini telah mengadakan vaksinasi bagi pelaku perjalanan jarak jauh diantaranya Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Malang.

Syarat bagi pengguna yang ingin ikut layanan ini harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api.

“KAI mendukung penuh program pemerintah agar target vaksinasi kepada masyarakat dapat terpenuhi, sehingga pembentukan kekebalan tubuh secara komunal atau herd immunity dapat segera terwujud,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (30/7/2021).

KAI Group saat ini telah menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 gratis di 18 stasiun di berbagai kota baik di Pulau Jawa maupun Sumatera untuk pelanggan Kereta Api jarak jauh, pengguna KRL, hingga masyarakat umum.

“Nantinya, KAI beserta KAI Commuter secara bertahap akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksin Covid-19 gratis sebagai bentuk komitmen untuk memberikan kontribusi maksimal dalam program vaksinasi nasional,” kata Joni.

Selain untuk pelanggan KA Jarak Jauh, layanan Vaksinasi Covid-19 gratis juga tersedia di Stasiun Padang hasil kolaborasi antara KAI dengan Kodim 0312 Padang. Layanan Vaksinasi Covid-19 gratis di Stasiun Padang ini selain dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Kereta Api, juga dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Sementara itu, di wilayah aglomerasi Jabodetabek, KAI Commuter juga telah menghadirkan layanan vaksinasi Covid-19 gratis bagi pengguna KRL dan masyarakat di Stasiun Duri, Angke, Rangkasbitung, dan Jakarta Kota.

"Kami mengajak para pengguna memanfaatkan fasilitas vaksinasi gratis yang ada di sejumlah stasiun KRL. Dengan mengikuti vaksinasi ini, para pengguna KRL yang mobilitasnya tinggi dan setiap hari berinteraksi dengan orang lain dalam bertransportasi dapat lebih terjaga kesehatannya" kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Memperluas Jangkauan

Vaksinasi di Stasiun Bogor
Perbesar
Tenaga medis menyuntikkan vaksin kepada petugas dan penumpang kereta api di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/6/2021). Pelaksanaan vaksinasi massal di Stasiun Bogor itu menyasar petugas stasiun, pekerja di stasiun dan penumpang kereta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Program vaksinasi ini akan terus dikembangkan hingga menjangkau lebih banyak stasiun KRL di berbagai wilayah.

Hadirnya vaksinasi di stasiun merupakan hasil kolaborasi dari KAI Group dengan seluruh stakeholders seperti Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Pemerintah Daerah setempat, serta pihak-pihak lain yang terlibat.

KAI Group mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menghadirkan layanan Vaksinasi Covid-19 Gratis di Stasiun ini.

Hingga 29 Juli 2021, KAI Group telah melayani 20 ribu peserta yang divaksinasi di seluruh stasiun yang menyediakan layanan.

Joni menegaskan, sosialisasi kepada masyarakat akan terus dilakukan secara intensif agar semakin banyak masyarakat yang mengikuti kegiatan Vaksinasi Covid-19 gratis di stasiun.

“Kami mengimbau kepada pelanggan serta masyarakat yang belum divaksin untuk memanfaatkan layanan vaksinasi gratis di stasiun sehingga penyebaran pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali,” tutup Joni.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya