Nanti Cek! Subsidi Gaji Rp 1 Juta Dikucurkan Lewat BPJS Ketenagakerjaan

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 30 Jul 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 30 Jul 2021, 16:00 WIB
FOTO: Subsidi Gaji Gelombang 2 Ditransfer Awal November 2020
Perbesar
Pekerja menyelesaikan proyek Tol Becakayu di Jalan Ahmad Yani, Senin (26/10/2020). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua akan cair pada awal November 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah target menyalurkan bantuan subsidi gaji kepada 8,7 juta tenaga kerja atau buruh di wilayah PPKM level 3 dan 4 yang jadi anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan. Nilai pemberiannya sebesar Rp 1 juta untuk dua bulan yang dicairkan dalam satu waktu.

Untuk tahap pertama, Kementerian Ketenagakerjaan pada Jumat (30/7/2021) hari ini telah menerima data 1 juta pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan yang siap dicairkan bantuan subsidi gaji Rp 1 juta.

Ida lantas mengungkapkan kenapa pemerintah menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk menyalurkan bantuan subsidi gaji ini. Menurut dia, BPJS Ketenagakerjaan dipilih lantaran punya sumber data yang dinilai paling akurat dan lengkap.

"Sehingga akuntabel dan valid untuk digunakan pemerintah sebagai dasar pemberian subsidi gaji secara cepat dan tepat. Di samping juga memberikan apresiasi kepada pekerja atau perusahaan yang jadi anggota BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya dalam sesi teleconference, Jumat (30/7/2021).

Sementara Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyatakan, penggunaan kembali data yang dikelola institusinya untuk bantuan subsidi gaji menunjukkan pentingnya data Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) yang valid.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bank Data Pekerja Terbesar di Indonesia

FOTO: Subsidi Gaji Gelombang 2 Ditransfer Awal November 2020
Perbesar
Para pekerja menyelesaikan proyek Tol Becakayu di Jalan Ahmad Yani, Senin (26/10/2020). Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bantuan subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan gelombang kedua akan cair pada awal November 2020. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Menurut dia, data kepesertaan yang dihimpun BPJS Ketenagakerjaan merupakan bank data pekerja terbesar di Indonesia. Untuk itu, Anggoro mengingatkan pemberi pekerja untuk tertib kepesertaan Jamsostek dan selalu menjaga validitas datanya.

Para pekerja juga disebutnya harus selalu memastikan telah mendapat perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pekerja terlindungi dari risiko kerja, dan juga mendapatkan nilai tambah seperti bantuan subsidi gaji. Pastikan kepesertaan tertib melalui aplikasi BPJSTKU dan cek di HRD masing-masing," imbuhnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Subsidi Gaji Pekerja Biar Apa?

Infografis Subsidi Gaji Pekerja Biar Apa?
Perbesar
Infografis Subsidi Gaji Pekerja Biar Apa? (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya