Ingin Daftar Vaksinasi Gratis di Stasiun KRL? Simak Caranya

Oleh Arief Rahman Hakim pada 29 Jul 2021, 20:32 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 21:54 WIB
Vaksinasi di Stasiun Bogor
Perbesar
Tenaga medis menyuntikkan vaksin kepada petugas dan penumpang kereta api di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Kamis (17/6/2021). Pelaksanaan vaksinasi massal di Stasiun Bogor itu menyasar petugas stasiun, pekerja di stasiun dan penumpang kereta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menggelar program vaksinasi di empat stasiun di Jabodetabek. Vaksinasi menargetkan pengguna aktif moda KRL dan masyarakat di sekitar stasiun.

Diketahui, kegiatan vaksinasi ini telah digelar sejak Minggu (25/7/2021) lalu di stasiun Jakarta Kota, Duri, Rangkasbitung, dan Angke. Keempat stasiun ini dipilih kendati menjadi simpul aktif perjalanan para pekerja di ibu kota.

Program ini terbuka dan gratis bagi pengguna dan masyarakat, bagaimana cara daftarnya? Ikuti langkahnya berikut ini.

Mengutip keterangan resmi Kementerian Perhubungan yang diterima Liputan6.com, calon penumpang bisa mendaftar lewat situs vaksinasi.krl.co.id/daftar

Selanjutnya, ada beberapa informasi yang perlu diisi. Pertama masukkan nama lengkap sesuai dengan KTP yang dimiliki.

Kemudian, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Lalu masukkan tanggal lahir, kamu bisa mengetikkannya langsung atau memilih dari tampilan pop-up kalender yang tersedia.

Selanjutnya, pilih jenis kelamin. Tambahkan nomor telepon aktif milik kamu.

Lalu, pilih lokasi stasiun vaksinasi. Kamu bisa memilih stasiun Jakarta Kota, Duri, Angke, atau Rangkasbitung.

Terakhir, masukkan tanggal vaksinasi. Pada tahapan ini, kamu hanya bisa memilih tanggal vaksinasi pada hari yang sama dengan pendaftaran atau satu hari setelah pendaftaran.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tinjauan 2 Menteri

Vaksinasi Bagi Pengguna KRL dan Masyarakat Umum di Stasiun Jakarta Kota
Perbesar
Tenaga kesehatan menyuntikkan cairan vaksin ke penumpang KRL Commterline serta masyarakat umum di Stasiun Kota, Jakarta, Rabu (28/7/2021). Vaksinasi disediakan 300 dosis bagi penumpang dan masyarakat umum guna menekan penyebaran Covid-19. (merdeka.comm/Imam Buhori)

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy turut memantau vaksinasi di stasiun Jakarta Kota. Menhub mengapresiasi PT KCI yang menyelenggarakan vaksinasi di empat stasiun di Jabodetabek ini.

“Saya menyarankan kegiatan ini dapat diintensifkan di daerah lain seperti di Jawa Tengah dan daerah-daerah lainnya,” kata Menhub, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (29/7/2021).

Sementara itu, Menko PMK, Muhadjir Effendy memandang pemilihan tempat vaksinasi di stasiun adalah tepat.

“Sasaran utamanya adalah para pelanggan kereta api yang secara rutin menggunakan kereta untuk kepentingan sehari-hari terutama untuk  bekerja. Dengan sudah divaksin, maka aman untuk mereka dan juga orang lain yang belum ada kesempatan untuk divaksin,” katanya.

Lebih lanjut, Menko PMK berharap agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin untuk mendapatkan kekebalan komunal atau herd immunity. Dengan demikian, diharapkan pandemi Covid-19 akan segera teratasi.

"Karena sudah terbukti bahwa siapa yang sudah mendapatkan vaksin tingkat kekebalannya relatif lebih baik daripada yang belum divaksin," tandasnya.

Informasi, program vaksin ini dilakukan PT KAI dengan anak perusahaannya PT KCI yang bekerjasama dengan puskesmas setempat dengan menggandeng TNI dan Polri. Baru empat stasiun di Jabodetabek yang menggelar vaksinasi ini.

Diketahui, kegiatan vaksinasi di empat stasiun KRL tersebut di mulai sejak Minggu (25/7/2021) lalu. Setiap harinya, sekitar 200 sampai 300 vaksin dosis pertama disuntikkan kepada para penumpang maupun masyarakat yang ada di sekitar stasiun. 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya