Sukses

4 Stasiun KRL Ini Gelar Vaksinasi Gratis, Mana Saja?

Menhub dan Menko PMK Tinjau pelaksanaan vaksinasi di stasiun KRL Jakarta Kota.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah dan berbagai pihak terkait sedang menggenjot pelaksanaan vaksinasi di berbagai sektor. Salah satunya adalah sektor perkeretaapian, kini giliran PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang mengadakan vaksinasi.

Empat status menjadi target pelaksanaan vaksinasi pada Kamis (29/7/2021), yakni Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Duri, Stasiun Rangkasbitung, dan Stasiun Angke. PT KCI telah menyiapkan 900 suntikan dosis pertama di stasiun tersebut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy turut memantau vaksinasi di stasiun Jakarta Kota. Menhub mengapresiasi PT KCI yang menyelenggarakan vaksinasi di empat stasiun di Jabodetabek ini.

“Saya menyarankan kegiatan ini dapat diintensifkan di daerah lain seperti di Jawa Tengah dan daerah-daerah lainnya,” kata Menhub, dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (29/7/2021).

Sementara itu, Menko PMK, Muhadjir Effendy memandang pemilihan tempat vaksinasi di stasiun adalah tepat.

“Sasaran utamanya adalah para pelanggan kereta api yang secara rutin menggunakan kereta untuk kepentingan sehari-hari terutama untuk  bekerja. Dengan sudah divaksin, maka aman untuk mereka dan juga orang lain yang belum ada kesempatan untuk divaksin,” katanya.

Lebih lanjut, Menko PMK berharap agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan vaksin untuk mendapatkan kekebalan komunal atau herd immunity. Dengan demikian, diharapkan pandemi Covid-19 akan segera teratasi.

"Karena sudah terbukti bahwa siapa yang sudah mendapatkan vaksin tingkat kekebalannya relatif lebih baik daripada yang belum divaksin," tandasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dimulai Sejak Minggu

Informasi, program vaksin ini dilakukan PT KAI dengan anak perusahaannya PT KCI yang bekerjasama dengan puskesmas setempat dengan menggandeng TNI dan Polri. Baru empat stasiun di Jabodetabek yang menggelar vaksinasi ini.

Diketahui, kegiatan vaksinasi di empat stasiun KRL tersebut dimulai sejak Minggu (25/7/2021) lalu. Setiap harinya, sekitar 200 sampai 300 vaksin dosis pertama disuntikkan kepada para penumpang maupun masyarakat yang ada di sekitar stasiun.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti vaksin di empat stasiun tersebut, dapat mendaftar melalui website yang disediakan oleh PT KCI yaitu di https://vaksinasi.krl.co.id/ daftar.

Turut hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Deputi Bidang Kesehatan Kementerian Koordinator PMK Agus Suprapto. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.