Ini Rahasia Bisnis Bisa Bertahan, Keunikan Produk Jadi Kuncinya

Oleh Liputan6.com pada 29 Jul 2021, 22:31 WIB
Diperbarui 29 Jul 2021, 22:32 WIB
Pemilik Bisnis Kylafood Galih Ruslan
Perbesar
Galih Ruslan dalam acara virtual Kisah di Balik Kesuksesan Kylafood yang diadakan Shopee, Kamis (29/7/2021) (Foto: Shopee).

Liputan6.com, Jakarta Penjualan secara online menjadi tren yang dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan. Namun, hal ini juga berarti persaingan bisnis akan semakin kuat.  

Pemilik bisnis Kylafood, Galih Ruslan membagikan pandangan jika keunikan produk atau Unique Selling Proposition (USP) yang ditawarkan menjadi kunci agar bisnis dapat bertahan. USP bisa didapatkan dari beberapa aspek seperti menganalisis konsumen dan kompetitor.

Motivasi dari konsumen untuk membeli produk sangat penting untuk diketahui. Tujuannya agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi ekspektasi sehingga tidak mengecewakan konsumen  

Selanjutnya, melakukan analisis pada kompetitor bermanfaat untuk memberikan informasi terkait perbedaan yang dimiliki oleh bisnis Anda dengan kompetitor lainnya.  

Unique selling proposition-nya kita kuatkan, apa, sih, yang menjadi pembeda produk Kylafood dengan produk yang kompetitor punya. Analisis kompetitor ini penting supaya kita tahu di mana keunggulan kita,” kata Galih dalam acara virtual Kisah di Balik Kesuksesan Kylafood yang diadakan Shopee, Kamis (29/7/2021).  

Pemilik bisnis jajanan tradisional instan Jawa Barat itu juga membagikan tips penting bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis.

“Ketika ingin memulai bisnis harus bisa menyelesaikan permasalahan paling sakit yang dirasakan konsumen. Setelah problem solution itu dapat, mereka harus pintar nyari audiens yang sesuai sama produk mereka. Yang paling penting itu membaca tren ke depan. Jangan cepat puas diri juga sama apa yang sekarang diraih. Ke depan, kita enggak pernah tau akan ke arah mana bisnis kita,” jelas dia.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Perjalanan Bisnis Kylafood

Proses Pembuatan Kylafood
Perbesar
Proses pembuatan produk Kylafood (Foto: Shopee)

Galih dan sang istri memiliki hobi untuk menikmati ragam kuliner, khususnya jajanan tradisional. Lalu, mereka juga memiliki kebiasaan untuk mengunggah kegiatan ini di media sosial.  

Unggahan tersebut mendapatkan banyak respons dari kerabat atau followers mereka yang bertanya mengenai informasi terkait kuliner yang sedang dinikmati.

Akhirnya, tebersit ide untuk membuat jajanan tradisional di Jawa Barat dalam bentuk instan sehingga bisa dinikmati oleh orang lain di luar Bandung.  

Bermula dari berjualan di garasi kosong rumahnya dengan tiga orang karyawan pada 2017. Saat ini, Galih memiliki lebih dari tiga puluh karyawan yang berasal dari latar belakang pendidikan berbeda, mulai dari tamatan SD hingga perguruan tinggi.

Tak jarang, ia juga mengandalkan tenaga tambahan dari masyarakat sekitar saat pesanan sedang membeludak.  

Kylafood telah mengeluarkan 10 produk jajanan tradisional instan Jawa Barat, seperti seblak, cireng bumbu rujak, batagor, mie kocok, cimol, mie tektek, baso aci, dan sebagainya.

Ia berusaha menjaga konsistensi kualitas. Galih juga menggunakan 100 persen bahan baku lokal yang sebagian langsung didapatkan dari petani di Jawa Barat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Beralih ke E-commerce

e-Commerce
Perbesar
Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Pertumbuhan platform e-commerce membuat Galih memanfaatkannya untuk mengembangkan Kylafood. Atas permintaan konsumen, ia bergabung dengan Shopee pada 2017.  

Galih merasa bahwa platform tersebut membuat pengiriman menjadi lebih cepat dan terstruktur, membantunya untuk menganalisis penjualan secara lebih terukur, serta membuat jumlah penjualan meningkat melalui event-event yang diadakan.

Kylafood berhasil menjual lebih dari ratusan ribu produk. Kylafood masuk ke dalam 10 besar penjualan tertinggi di hari puncak Ramadhan Sale 2021 untuk kategori FMCG (Fast-moving consumer goods). Selain itu, Kylafood juga mengalami peningkatan pesanan hingga 10 kali lipat pada hari puncak kampanye Big Ramadhan Sale dibandingkan dengan hari biasa.

“Dengan campaign yang diadakan di Shopee yang sangat bermanfaat di sisi konsumen, membuat harga beli menjadi lebih murah. Justru memudahkan dan membuat kita bisa survive di era pandemi ini,” jelas Galih.  

Harapannya, Kylafood dapat mengekspor jajanan tradisional hingga ke luar negeri untuk mewujudkan visi dan misinya dalam memperkenalkan cita rasa jajanan tradisional.  

Reporter: Shania

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Wastafel Ala Difabel

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya