Awas Boros, Begini Cara Biar Hemat Saat Belanja di Supermarket

Oleh Helena Yupita pada 01 Agu 2021, 08:29 WIB
Diperbarui 01 Agu 2021, 08:29 WIB
Ilustrasi belanja di supermarket.
Perbesar
Ilustrasi belanja di supermarket.

Liputan6.com, Jakarta Pengeluaran berlebihan di supermarket adalah hal biasa karena ada begitu banyak hal yang membuat kita teralihkan.

Jika Anda kekurangan uang dan ingin berbelanja dengan cerdas, berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghindari pengeluaran berlebihan di supermarket, dilansir dari laman magforwoman.

1. Buat Daftar Belanja

Salah satu cara paling sederhana untuk menghindari pengeluaran berlebihan di supermarket adalah dengan membuat daftar barang-barang yang Anda butuhkan sebelum mulai berbelanja.

Ini akan memastikan bahwa Anda tidak membeli barang-barang yang tidak perlu dan mengeluarkan uang terlalu banyak. Lihat terlebih dahulu dapur dan lemari es di rumah untuk memeriksa apa yang masih tersedia dan apa yang sudah habis.

Hal tersebut dilakukan agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak dan kemudian menimbun terlalu banyak bahan. Tetaplah berpegang pada daftar kebutuhan dan hindari pengeluaran berlebihan.

2. Jangan Mudah Teralihkan oleh Penawaran

Papan tanda barang diskon atau penawaran gratis buy one get one free dimaksudkan untuk memikat pembeli agar membeli barang yang mungkin sebenarnya tidak mereka butuhkan. Hindari mengarah ke arah papan besar yang meneriakkan penjualan itu.

Tetap pada daftar dan lanjutkan ke bagian pembayaran. Skim melalui kesepakatan yang dipajang hanya jika Anda memiliki kekuatan untuk menahan diri dari godaan untuk memasukkannya ke dalam keranjang Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Gunakan Uang Tunai

[Fimela] Uang Tunai
Perbesar
Ilustrasi uang tunai | unsplash.com/@bady

Kartu kredit cenderung memainkan peran utama dalam membantu pembelanja untuk mengeluarkan uang lebih banyak. Karena tidak ada pertukaran uang tunai yang sebenarnya, pembeli tidak pernah menyadari berapa banyak uang yang diambil dari kartu mereka.

Daripada menyesali pembelian saat membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan, hindari belanja berlebihan dan lebih baik bawalah uang tunai yang terbatas. Menggunakan uang tunai dapat membantu mengawasi kebiasaan belanja dan menjadi sadar tentang barang-barang yang dibeli.

4. Gunakan Kupon

Anda dapat memanfaatkan kupon diskon untuk berbagai toko melalui penawaran promosi. Mengumpulkan kupon atau menyimpan kodenya di ponsel mungkin terasa seperti pekerjaan yang membosankan pada awalnya, tetapi ini dapat membantu menghindari pengeluaran berlebihan di supermarket.

Saat menggunakan kupon, Anda akan dapat mengurangi jumlah tagihan dan membeli barang-barang sesuai dengan penawaran pada kupon.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Jangan Ajak Anak Berbelanja

Ilustrasi belanja
Perbesar
Ilustrasi belanja (Foto:Shutterstock)

Anak-anak memiliki kecenderungan khas untuk merengek kepada orang tua sampai mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, terutama ketika mereka berada di supermarket.

Anak-anak terpikat oleh bagian berwarna-warni dari permen, mainan, permainan atau alat tulis, dan mereka dapat mengganggu orang tua untuk mendapatkan mereka barang sampai para orang tua terpaksa menyerah pada tuntutan.

Hindari membawa anak-anak berbelanja, kecuali jika Anda siap untuk mengeluarkan uang banyak.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya