Sukses

Simak Dulu Nih Tips Pakai Listrik Selama di Rumah Saja

Tidak dapat dimungkiri, listrik menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk mendukung jalannya aktivitas selama berada di rumah saja.

Liputan6.com, Jakarta Kini masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah akibat pandemi COVID-19. Kondisi ini tentu berdampak terhadap pemakaian listrik.

Pasokan energi menjadi faktor penting yang harus diperhatikan untuk mendukung kelancaran aktivitas saat di rumah saja.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan menyatakan bahwa petugas PLN siap selama 24 jam untuk menjaga ketersediaan listrik selama kegiatan sehari-hari masyarakat yang banyak dilakukan di rumah.

Komitmen PLN UID Jakarta Raya untuk terus menghadirkan terang selalu menjadi pegangan setiap petugas PLN.

"Gunakan listrik dengan bijak, sesuai dengan hak dan kewajibannya, serta sesuai dengan peruntukannya," kata Doddy.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jakarta Raya membagikan beberapa tips penggunaan listrik agar tetap nyaman dalam melakukan aktivitas di rumah saja selama pandemi.

Apa saja tips yang diberikan, simak di sini, Rabu (28/7/2021):  

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simak Tipsnya

1. Mempergunakan perangkat elektronik dengan bijak. Nyalakan perangkat elektronik ketika diperlukan dan matikan apabila sudah selesai digunakan.

2. Jika meninggalkan ruangan dalam waktu singkat, tidak perlu mematikan pendingin ruangan (AC). Untuk menghidupkannya kembali akan membutuhkan arus listrik yang besar.

3. Periksa token listrik secara berkala untuk memastikan ketersediaannya. Jangan lupa lakukan pengisian token listrik sebelum habis.

4. Simpan token cadangan jika diperlukan. Pasalnya, token listrik tidak memiliki tanggal kadaluwarsa.

5. Bayar listrik di awal bulan agar tidak terlewat, meskipun batas pembayaran listrik adalah tanggal 20. Pembayaran listrik bulan berjalan merupakan hasil perhitungan pemakaian di bulan lalu.

6. Bagi pelanggan pascabayar dapat melakukan pencatatan pemakaian listrik secara mandiri untuk menghindari kontak dengan petugas PLN.

Anda cukup menggunakan fitur Catat Meter pada aplikasi PLN Mobile setiap tanggal 24-27. Hasil pencatatan ini yang akan menjadi dasar pembayaran listrik bulan berikutnya.

Setelah itu, estimasi rekening listrik juga dapat terlihat sehingga memudahkan Anda untuk mempersiapkan anggaran dalam proses pembayaran listrik.

7. Unduh aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan akses layanan PLN di mana pun dan kapan pun.

 

 

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.