Sukses

3 Strategi DANA Dorong UMKM Naik Kelas

UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian dan berpotensi untuk terus ditingkatkan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi

Liputan6.com, Jakarta CEO dan co-Founder DANA Vincent Iswara mengatakan, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian dan berpotensi untuk terus ditingkatkan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“UMKM itu adalah salah satu penggerak ekonomi yang paling penting di Indonesia karena kita melihat 90 persen dari jumlah tenaga kerja di Indonesia, dan juga untuk perekonomian sampai 60 persen kontribusinya. Makannya UMKM itu perannya penting sekali,” kata Vincent dalam webinar series Artajasa How to maximize Indonesia’s SME ecosystem, Rabu (28/7/2021).

Namun, disisi lain dia melihat pertumbuhan naik turunnya jumlah UMKM di Indonesia sangat cepat. Oleh karena itu dibutuhkan beberapa strategi untuk membantu UMKM agar tetap bertahan lebih lama dan kompetitif.

“Kita melihat bahwa di Indonesia itu kan sekarang besar, UMKM nya 64 juta dan juga banyak yang cepat sekali bertumbuh dan cepat sekali berkurang. Makanya kita harus ada beberapa strategi yang bisa membantu supaya mereka bisa lebih long term dan lebih kompetitif,” ujarnya.

Dia menyebut ada 3 strategi nasional pengembangan UMKM, pertama yaitu penguatan korporatisasi. Penguatan ini tujuannya untuk mendorong agar UMKM naik kelas dan berkelanjutan (sustainable).

“Penguatan korporatisasi, gimana supaya UMKM itu bisa naik kelas dan UMKM itu bisa membuat operation dan bisnisnya itu bisa lebih sustainable dan long term, dan juga gimana caranya supaya mereka bisa mengembangkan untuk tenaga kerja juga,” jelasnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Kapabilitas

Strategi kedua, peningkatan kapabilitas. Menurutnya, tidak hanya berkelanjutan saja yang perlu didorong dan ditingkatkan, melainkan kapabilitas pemasarannya juga perlu diperluas, dengan begitu akan berpengaruh terhadap peningkatan produksi.

“Yang terakhir, untuk supaya itu semua bisa berkembang diperlukan akses pembiayaan. Nah, ini kan penting sekali untuk usaha berkembang sustainable apalagi untuk working capital itu sangat penting. Inilah 3 strategi nasional untuk pengembangan UMKM,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.