Erick Thohir Sapa Relawan Covid-19 di Bandung: Saya Salut dan Terima Kasih

Oleh Arief Rahman Hakim pada 27 Jul 2021, 18:45 WIB
Diperbarui 27 Jul 2021, 18:46 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir
Perbesar
Menteri BUMN, Erick Thohir mengunggah video saat menyapa sejumlah relawan di Bandung. Instagram@erickthohir

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN, Erick Thohir mengunggah video saat menyapa sejumlah relawan di Bandung yang membagikan sejumlah makanan hingga relawan evakuasi jenazah.

Video yang diunggah Erick di akun Instagram-nya tersebut memperlihatkan gelombang gerakan bertajuk #RelawanBerAKHLAK.

Dalam video tersebut, Menteri Erick yang mengenakan jaket olahraga dengan logo burung garuda di dada kiri tersebut terlihat berkaca-kaca saat berbincang dengan relawan melalui video call.

Dia juga menyapa dan menanyakan perlengkapan yang digunakan oleh relawan tersebut.

Pertama, Erick menyapa gerakan dapur umum yang dipimpin oleh Uncle TeeBob yang setiap harinya menyediakan 3000 paket makanan siap saji untuk dibagikan dan 2000 lainnya untuk tenaga kesehatan.

“Jadi kondisi saat ini, di dapur umum kita saat ini menyediakan 3000 makanan setiap harinya untuk yang Isoman dan di dapur satunya menyediakan 2000 yang untuk nakes,” kata Uncle TeeBob, dalam video unggahan Erick Thohir, Selasa (27/7/2021).

Atas inisiatif yang dilakukan tersebut, Erick Thohir menilai ini sesuatu yang luar biasa dan patut diberikan apresiasi.

“Inisiatif ini luar biasa, saya salut, terima kasih,” katanya.

Relawan kemudian saling melaporkan keadaannya di dapur umum, dan bertukar cerita terkait kondisi peralatan yang digunakannya di dapur umum. Setelah mendengar kekurangan yang dihadapi relawan, Erick mengatakan akan segera membantunya.

Selain itu, relawan lainnya, yang dijalankan Karang Taruna Bandung, membagikan paket sembako, mengisi ulang oksigen, hingga evakuasi jenazah dari rumah warga.

Relawan Karta Bandung itu mengaku banyak masyarakat yang perlu dibantu saat menjalani isolasi mandiri.

“Sampai hari ini, tiga minggu ke belakang kita ada sekitar 58 aduan, tapi memang yang bisa kami bantu dan kami layani baru sekitar 37, pak Menteri,” relawan tersebut.

Relawan tersebut mengaku pernah berjalan sendiri dalam gerakan dan tidak diperhatikan. Sapaan yang disempatkan oleh Erick Thohir diakui sebagai dorongan semangat baru bagi para relawan.

 

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erick Thohir (@erickthohir)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pesan Erick Thohir

Menutup video unggahan tersebut, Erick berpesan kalau dalam kondisi saat ini perlu adanya gotong royong dan tak bisa dijalankan sendiri-sendiri.

“Segudang kisah inspiratif dari suka duka kondisi dan tantangan di lapangan; saya dengarkan, rasakan. Saya bertambah yakin bahwa kunci dari perjuangan melewati masa pandemi ini adalah dengan komitmen, empati, kebersamaan serta gotong royong,” tulisnya dalam unggahan tersebut.

Ia juga mengingatkan bahwa relawan tidak perlu merasa sendirian dan untuk bisa selalu menjaga kesehatan.

“Terima kasih banyak, teman-teman. Selalu jaga kesehatan. Mohon untuk tidak merasa sendirian, insya Allah saya berikhtiar untuk selalu membersamai dan membantu. Menjadi perpanjangan tangan penolong para pasien isoman, agar kita bersama-sama dapat melewati pandemi ini,” tutupnya.

Informasi, gerakan ini diinisasi sejak kunjungan kerja Menteri BUMN ke Bandung pada 10 Juli 2021 lalu. Gerakan yang dilakukan oleh relawan ber-Akhlak ini bertajuk #GerakanBantuIsoman bagi warga setempat di sekitaran Bandung.

Reporter: Arief Rahman H

Sumber: Merdeka.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Ini

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya