Sukses

Sri Mulyani: Indonesia Harus Punya Peran dalam Penanganan Perubahan Iklim

Sri Mulyani mengatakan perubahan iklim adalah ancaman global yang nyata dan sudah dipelajari oleh berbagai ilmuwan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa perubahan iklim adalah ancaman global yang nyata dan sudah dipelajari oleh berbagai ilmuwan. Sebagai sebuah negara yang besar baik dari sisi geografis, jumlah penduduk dan ukuran ekonomi, maka Indonesia dinilai harus turut berperan dalam penanganan risiko perubahan iklim.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa seluruh dunia sedang berikhtiar untuk menghindarkan dampak katastropik dari perubahan iklim. Momentum ini sekarang sedang meningkat di dalam beberapa pertemuan para pemimpin dunia.

Menurutnya, Indonesia sebagai sebagai suatu negara yang besar tidak hanya sisi geografis, jumlah penduduk, dan ukuran ekonomi karena masuk dalam daftar anggota G20, harus memiliki peran aktif.

"Maka Indonesia akan menjadi suatu negara yang diperhitungkan, dan bahkan akan dilihat dalam partisipasinya untuk menangani risiko perubahan iklim ini," ungkap Sri Mulyani dalam ESG Capital Market Summit 2021 pada Selasa (27/2/2021).

Dijelaskannya, seiring dengan pembangunan di berbagai negara, maka akan semakin sejahtera, mobilitas semakin tinggi, dan penggunaan energi akan semakin besar. Itu artinya, tekanan terhadap sumber daya alam menjadi sangat nyata dan seluruh kegiatan manusia juga akan menghasilkan emisi CO2 atau emisi karbon yang mengancam dunia dalam bentuk kenaikan suhu.

Berbagai negara saat ini sedang berupaya agar suhu dunia tidak naik 1,5 derajat untuk menghindarkan implikasi katastropik dari kenaikan suhu atau temperatur dunia. Sama seperti halnya pandemi Covid-19, tidak ada satu negara pun yang bisa menghindar atau terbebas dari ancaman perubahan iklim ini.

"Bahkan sama seperti pandemi, negara yang paling tidak siap dari sisi sistem kesehatan, sisi kemampuan fiskalnya, disiplinnya dan dari kemampuan untuk mendapatkan vaksin dan melaksanakan vaksinasi, mungkin mereka akan terkena dampaknya paling berat karena pandemi. Perubahan iklim juga akan sama, negara-negara miskin mungkin akan dapat dampak yang jauh lebih berat," jelas Sri Mulyani.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seluruh Dunia

Oleh karena itu, katanya, saat ini seluruh dunia sedang berupaya mengatasi risiko perubahan iklim. Indonesia pun diharapkan tidak hanya sekadar mengikuti perubahan yang ada, tapi juga memiliki peran di dalamnya.

"Kita juga harus mampu mendudukan Indonesia dalam konteks ancaman global ini, dan sekaligus mendudukkan kita dalam konteks kesiapan kita. Sehingga kita tidak didikte, tapi kita justru ikut membentuk apa yang disebut tatanan global baru," kata Sri Mulyani.

"Indonesia tidak seharusnya selalu dalam situasi menunggu dan defensif, dan kemudian negara lain atau otoritas lain membuat regulasi baru kita tergopoh-gopoh menyesuaikan," sambungnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.