Sukses

Ajak UMKM Masuk Ekosistem Digital, Grab dan Emtek Hadirkan Festival Kota Mapan

Grab dan Emtek bekerja sama mendorong percepatan transformasi digital untuk para pelaku UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Elang Mahkota Teknologi (Emtek) dan Grab berkolaborasi memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di ekosistem digital. Kerja sama ini akan diawali dengan menghadirkan Festival Kota Mapan.

Melalui kolaborasi ini, kedua perusahaan bekerja sama mendorong percepatan transformasi digital untuk para pelaku UMKM. Langkah ini merupakan bentuk upaya memperluas inklusi digital dan keuangan di Tanah Air.

"Kami berharap dengan Festival Kota Mapan dan berbagai inisiatif lainnya, bekerja sama juga dengan berbagai instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat maupun partner korporasi lainnya, kami akan melakukan upaya yg konkrit untuk membawa sebanyak mungkin pelaku UMKM untuk berpartisipasi ke ekonomi digital. Selain itu juga memberikan akses ke pasar Indonesia maupun nantinya ke pasar dunia," kata Managing Director, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek Group), Sutanto Hartono, dalam konferensi pers pada Senin (26/7/2021).

Sutanto mengatakan Festival Kota Mapan ini merupakan salah satu dari program-program lain yang akan bekerja sama dengan Grab.

"Program lainnya sedang disiapkan, setelah Festival Kota Mapan ini, kita akan melakukan roadshow berikutnya di kota-kota lain," katanya.

Ditambahkan Country Managing Director of Grab Indonesia, Neneng Goenadi, kerja sama strategis dengan Emtek ini merupakan bukti kuatnya komitmen Grab di Indonesia. Kedua perusahaan berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak lagi solusi digital di Tanah Air.

"Kerja sama ini menjadi langkah yang sangat penting untuk mencapai tujuan utama kami, yaitu memperluas inklusi digital dan finansial yang menjangkau seluruh masyarakat Indonesia," tutur Neneng.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Akselerator

Festival Kota Mapan (Kolaborasi Nyata untuk Masa Depan), merupakan program akselerator untuk mendorong percepatan digitalisasi UMKM di kota-kota sampai ke kota kecil di tingkat kabupaten. Festival pertama akan digelar pada September 2021 di Solo, Jawa Tengah.

Program ini diharapkan akan berjalan dengan baik dengan catatan kondisi pandemi Covid-19 sudah membaik. Setelah Solo, Festival Kota Mapan akan digelar di berbagai daerah lainnya.

Festival Kota Mapan di Solo nantinya ditargetkan akan mendorong lebih dari 1.000 UMKM ke platform digital. "Selain itu, kami bersama dengan Emtek juga akan memberikan akselerator kepada UMKM tersebut," jelas Neneng.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.