Kadin Indonesia Bakal Bangun Rumah Oksigen di Tiap Provinsi

Oleh Tira Santia pada 25 Jul 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 25 Jul 2021, 13:00 WIB
GoTo x KADIN Indonesia x Samator Group Inisiasikan “Rumah Oksigen untuk Bangsa” Pertama di Indonesia.
Perbesar
GoTo x KADIN Indonesia x Samator Group Inisiasikan “Rumah Oksigen untuk Bangsa” Pertama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berencana membangun Rumah Oksigen di setiap provinsi yang dekat dengan pabrik oksigen. Tujuan pembangunan Rumah Oksigen ini untuk mempermudah masyarakat yang membutuhkan oksigen.

“Rencananya Kadin Indonesia juga membantu dari konteks pengadaan oksigen dengan membuat rumah darurat oksigen yang akan kami bangun di setiap provinsi, dekat dengan pabrik oksigen bilamana itu ada,” kata Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid dalam acara Press Conference Deklarasi Prokes dan Vaksinasi Kadin Indonesia, TNI-POLRI, di Jakarta, Minggu (25/7/2021).

Tidak hanya Rumah Oksigen, Kadin Indonesia juga sudah menyediakan pengadaan 500 tempat tidur untuk setiap rumah sakit darurat covid-19. Kemudian, dari sisi sosial juga Kadi menyalurkan bantuan berupa beras, dan distribusi obat-obatan yang dibutuhkan.

“Kadin Indonesia juga melakukan yang namanya untuk konteks sosial nya, kami membantu dengan beras, obat-obatan dan lain-lain karena obat-obatan sudah mulai langka. Kami membantu untuk mempercepat dari proses yang ada,” ujarnya.

Kemudian dalam kesempatan kali ini, Kadin Indonesia juga turut serta dalam mempercepat program vaksinasi gratis dari Pemerintah. Dalam pelaksanaannya, vaksinasi covid-19 gratis tahap pertama ini ditujukan untuk 10.000 orang, yang dimulai pada 24-26 Juli 2021 di JCC Senayan Jakarta.

Di sisi lain Arsjad menjelaskan, bahwa vaksin gotong royong berbeda dengan vaksin gratis dari Pemerintah. Vaksin gotong royong untuk meringankan beban daripada biaya pemerintah agar bisa dialokasikan untuk yang lainnya. Sedangkan vaksinasi kali ini untuk membantu upaya mempercepat daripada proses vaksinasi yang ada.

“Jadi kita melakukannya dua-duanya. Kalau untuk yang gotong royong itu adalah Untuk meringankan beban daripada biaya pemerintah agar bisa dialokasikan untuk yang lainnya. Sedangkan vaksinasi membantu Vaksinasi adalah untuk membantu upaya mempercepat daripada proses vaksinasi yang ada,” pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Grup Samator Bersama GoTo dan Kadin Bangun Rumah Oksigen Gotong Royong

GoTo x KADIN Indonesia x Samator Group Inisiasikan “Rumah Oksigen untuk Bangsa” Pertama di Indonesia.
Perbesar
GoTo x KADIN Indonesia x Samator Group Inisiasikan “Rumah Oksigen untuk Bangsa” Pertama di Indonesia.

Sebelumnya, Aneka Gas Industri Tbk (AGII), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia), dan grup GoTo membangun rumah oksigen gotong royong.

Rumah oksigen gotong royong merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang (kategori 2).

Rumah oksigen gotong royong ini sebagai upaya bahu membahu dan saling membantu berbagai pihak di ekosistem grup GoTo, KADIN, dan grup Samator, mitra strategis, pemerintah dan masyarakat luas untuk bersama-sama menghadapi tantangan pandemi COVID-19.

Sebagai proyek pertama, rumah oksigen gotong royong dibangun di Pulogadung, tepat di sebelah Kawasan pabrik grup Samator.

Fasilitas itu disediakan di atas lahan yang disediakan oleh PT Master Steel dan didukung PT Tripatra Engineers and Contractors sebagai perusahaan yang menangani pembangunan rumah oksigen.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya