Sukses

Tahan Laju Covid-19, Luhut Minta Menag Gandeng Tokoh Agama Kampanyekan 5M

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat melaksanakan upaya 5M.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak masyarakat melaksanakan upaya 5M.

Agar pelaksanaannya optimal, Menko Luhut mengajak beberapa tokoh untuk menyosialisasikannya, diantaranya tokoh agama.

"Saya minta Menteri Agama untuk memobilisasi para penyuluh agama hingga ke tingkat desa, untuk mendekati tokoh agama dengan masyarakat mengenai 5M. Dan untuk 5M ini, sesuai arahan Pak Presiden, maka mohon Kepala BNPB jadi ketuanya, dengan kampanye diprioritaskan di daerah padat penduduk di 7 wilayah aglomerasi Pulau Jawa dan Bali, nanti kita semua juga bantu backup,” kata Luhut dalam rapat koordinasi, dikutip dari keterangan resmi, Jumat (23/7/2021).

Tentang upaya 5M ini, Luhut mengatakan perlunya edukasi kepada masyarakat bahwa mematuhi protokol kesehatan itu penting, salah satunya menggunakan masker, karena penggunaan masker terbukti menahan laju penyebaran kasus Covid-19.

Protokol kesehatan yang lain ialah mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang turut hadir juga menyampaikan, pihaknya akan melaksanakan semua kebijakan yang tentunya akan mengurangi atau menahan laju virus.

“Untuk tokoh agama Ini kami lakukan secara berjenjang dengan penyuluh agama untuk ini agar Senin (26/7/2021) nanti mereka bisa on fire,” tutur Yaqut.

Dijelaskannya, terdapat 40-50 ribu penyuluh agama di bawah Kementerian Agama hingga level desa yang dapat difungsikan sebagai duta kampanye penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi kepada tokoh agama dan masyarakat.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampanye 5M

Sementara itu, Kepala BNPB Sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito yang ditetapkan sebagai penanggung jawab 5M ini mengungkapkan pihaknya sudah melakukan beberapa langkah untuk kampanye ini, seperti penyusunan materi yakni antara lain pedoman dan panduan untuk bisa menjadi bahan yang disosialisasikan kepada masyarakat.

Satgas Covid-19 sendiri sudah menyiapkan panduan pelaksanaan protokol kesehatan (prokes) untuk menscreening secara mandiri, bagaimana prokes di rumah, tempat kerja, tempat ibadah, hingga saat berolahraga atau menonton pertandingan.

"Panduan ini sudah kita siapkan semua dan akan kami sampaikan ke bapak. Intinya kami siap melaksanakan semuanya agar berjalan dengan baik," pungkas Ganip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.