Sukses

5 Tips Menghemat Uang Selama PPKM Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Adanya pandemi covid-19, banyak sektor kehidupan yang terganggu. Salah satunya adalah sektor keuangan yang juga terdampak, dimana sebagian orang hilang pendapatannya karena pandemi ini lantaran di PHK dan atau menurunnya daya beli masyarakat. Sehingga semua orang harus menjaga pengeluarannya selama pandemi.

Untuk mengantisipasi masalah keuangan tersebut, dikutip dari laman bbc.com, Jumat (23/7/2021), berikut 5 ide menghemat uang selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) covid-19:

1. Gunakan teknologi untuk berbelanja

Ada berbagai situs web, yang mudah ditemukan melalui mesin pencari, yang melacak dan membandingkan harga di ribuan toko, serta menampilkan ulasan. Bagi Anda, itu bisa berarti menemukan harga termurah dalam beberapa klik.

2. Ambil pengembalian keanggotaan yang tak terpakai

Bagi Anda yang berlangganan keanggotaan gym, klub, atau keanggotaan lainnya yang biasa dilakukan secara fisik harus diberhentikan sementara. Kemudian, Anda bisa meminta pengembalian uang dari penyelenggara kegiatan.

Anda harus ingat bahwa Anda merupakan konsumen yang tidak dapat lagi menggunakan produk atau layanannya karena PPKM, maka berhak sepenuhnya atas pengembalian uang tunai. Namun ketika Anda meminta pengembalian uang, berbicaralah dengan baik dan sopan.

3. Klaim manfaat yang menjadi hak Anda

Mungkin Anda salah satu masyarakat yang terdampak signifikan karena pandemi covid-19. Jika Anda pelaku usaha mikro maka Anda berhak mendapatkan bantuan usaha dari Pemerintah, misalnya BPUM, tujuannya agar usaha Anda tetap bertahan. Serta masih banyak bantuan Pemerintah lainnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Lunasi kartu kredit lebih cepat

Banyak orang telah diberikan jeda pembayaran untuk sewa, hipotek, atau hutang lainnya, tetapi ternyata jeda tersebut tidak selamanya berlaku. Jika Anda kesulitan membayar kredit Anda, maka  bicaralah dengan penasihat utang.

Pendekatan yang baik adalah detoksifikasi uang untuk mengurangi pengeluaran dan menyederhanakan keuangan Anda, termasuk melacak debit langsung yang tidak diinginkan, memotong tagihan listrik dan membangun dana darurat kecil.

5. Tinjau tabungan pensiun Anda

Jika Anda sudah memiliki tabungan, jangan hanya meninggalkannya di rekening lama, tetapi periksa rekening Anda untuk melihat apakah bank akan memberi Anda pengembalian yang lebih baik.

Dengan meninjau secara teratur dari waktu ke waktu, ini dapat membuat perbedaan besar pada berapa banyak yang ada di rekening Anda. Bagi Anda  yang memiliki tabungan tetapi belum memeriksanya, atau telah meninggalkan uang tunai di bank mereka, sebenarnya dapat melihat peningkatan bunga mereka jika mereka rutin mengecek tabungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.