Sukses

Mengenal Link UMKM Lebih Dekat, Wadahnya Para Pengusaha di Tanah Air

Link UMKM membuatmu bisa berjejaring dengan komunitas yang memiliki DNA yang sama berdasarkan karakteristik atau lokasi.

Liputan6.com, Jakarta Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika membahas tentang cara membuat UMKM naik kelas terutama di masa pandemi. Oleh karena itu, untuk membantu memberdayakan dan mengembangkan UMKM, BRI meluncurkan Link UMKM.

Ini adalah platform yang mendorong para pelaku UMKM agar naik kelas, dengan mengikuti rangkaian program terpadu. Biar lebih jelas, yuk bahas apa saja keuntungan bergabung dengan Link UMKM.

Dalam rangka mengembangkan usaha para pelaku UMKM agar naik kelas, Link UMKM menghadirkan enam fitur utama dan berbagai fasilitas serta produk pendukung. Keenam fitur utama itu adalah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Rumah BUMN

Ini adalah fitur yang dimanfaatkan untuk mencari Rumah BUMN yang ada di sekitar lokasimu. Selain itu, kamu juga dapat melihat data produk dan produk unggulan, serta jadwal pelatihan yang digelar per lokasi maupun nasional.

3 dari 8 halaman

2. Media

Kamu sebagai pelaku UMKM bisa mendapatkan informasi seputar kewirausahaan, inovasi dan pengembangan produk, kondisi ekonomi Indonesia saat ini, program pemerintah, serta figur inspiratif lokal.

Di fitur Inspiratif Lokal, kamu bisa mengetahui kisah para pengusaha lokal yang berhasil menjalankan bisnisnya hingga sukses ke mancanegara.

4 dari 8 halaman

3. Komunitas

Ini adalah salah satu manfaat lain jika kamu bergabung ke Link UMKM. Ya, para UMKM bisa bergabung dengan komunitas untuk memperluas jaringan usaha.

Jadi kamu bisa berjejaring dengan komunitas yang memiliki DNA yang sama berdasarkan karakteristik atau lokasi. Juga bisa menambah wawasan dalam berbisnis serta berdiskusi.

5 dari 8 halaman

4. UMKM Smart

Adalah salah satu program pemberdayaan UMKM melalui digitalisasi pelatihan, dengan modul yang mengacu pada 12 aspek parameter UMKM, yaitu Skala Usaha, Aspek Kepemimpinan, Pola Pikir, Budaya Informasi, Pemasaran, Operasional, Keuangan, Sumber Daya Manusia, Legalitas dan Kepatuhan.

Juga termasuk Kepedulian Sosial dan Lingkungan, dan Pemahaman Pasar dan Industri, serta Manajemen Rantai Pasokan. Dengan fitur utama ini, BRI memberikan pelatihan online, konsultasi usaha, dan literasi keuangan, berdasarkan hasil aplikasi scoring UMKM naik kelas.

6 dari 8 halaman

5. Etalase

Link UMKM juga menghadirkan fitur Etalase. Fitur ini digunakan untuk mempromosikan produk UMKM di etalase digital, sesuai dengan DNA bisnis yang dijalankan.

Ada lebih dari 10 etalase digital yang disusun berdasarkan kategori. Misalnya Otomotif, Jasa, Kuliner, Rumah dan Interior, Fashion dan Aksesoris, Kerajinan atau Kriya, Hobi dan Olahraga, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, pasar dan jangkauannya pun menjadi lebih luas. Hal ini artinya produk-produk UMKM tersebut otomatis dipromosikan secara daring di situs Link UMKM.

7 dari 8 halaman

6. Dashboard

Ini merupakan menu yang dapat digunakan para pelaku UMKM yang sudah bergabung dengan Link UMKM. Manfaat fitur ini, untuk mengumpulkan data bagi pengambil kebijakan untuk mengembangkan program UMKM di Indonesia.

Untuk bergabung dengan Link UMKM juga cukup mudah tinggal mengisi form registrasi. Setelah itu pelaku usaha yang sudah bergabung bisa mendapatkan pelatihan di menu yang tersedia.

Di situs ini pelaku usaha juga bisa mengetahui informasi mengenai rumah BUMN. Lokasi rumah BUMN terdekat hingga produk yang dipasarkan dijelaskan dengan detail di situs ini.

Bagi UMKM binaan atau umum, yuk segera bergabung dan kembangkan usaha di Link UMKM sekarang!

 

8 dari 8 halaman

Simak Video Berikut Ini

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.