Sukses

Gali Potensi Bisnis di Link UMKM Sambil Perluas Koneksi

Keuntungan menggunakan LinkUMKM salah satunya karena para pelaku usaha bisa memperluas koneksi atau jaringannya.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi nyatanya memang memberi dampak signifikan bagi di seluruh sektor usaha. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang seharusnya menjadi tonggak perekonomian Indonesia pun, ikut tergerus karena pandemi Covid-19.

Melihat dampak negatif dari pandemi, BRI menawarkan sejumlah program pemberdayaan dan pengembangan bagi para pelaku usaha. Hal ini juga melihat adanya pergeseran perilaku masyarakat di Tanah Air dalam upaya memenuhi kebutuhannya.

Ya, pesatnya perkembangan teknologi dan perilaku masyarakat yang ingin praktis dan cepat, membuka peluang bagi UMKM untuk terus bertumbuh dengan memanfaatkan teknologi.

Apalagi melihat pesatnya perkembangan bisnis online yang menawarkan berbagai kemudahan,  efisiensi waktu, tenaga, biaya, tentunya menjadi peluang baik bagi UMKM untuk menggali potensi usahanya agar tetap bergerak di masa pandemi.

Salah satu cara yang dilakukan BRI menggali potensi bisnis UMKM di masa pandemi adalah melalui LinkUMKM. Ini merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk menaikkan UMKM Indonesia dengan rangkaian program terpadu, agar UMKM di seluruh Indonesia dapat naik kelas. 

Keuntungan menggunakan LinkUMKM salah satunya karena para pelaku usaha bisa memperluas koneksi atau jaringannya. Misalnya, jika kamu memiliki usaha di bidang kuliner, bisa masuk ke fitur Etalase di situs LinkUMKM.

Fitur Etalase memiliki lebih dari 10 kategoris bisnis berbeda. Jadi produk-produk UMKM secara otomatis dipromosikan secara daring di situs LinkUMKM. Selain fitur Etalase, kamu juga bisa memanfaatkan fitur utama lainnya, yaitu Komunitas.

Fitur ini membuatmu bisa berjejaring dengan komunitas yang memiliki DNA yang sama berdasarkan karakteristik atau lokasi. Kamu juga bisa menambah wawasan dalam berbisnis serta berdiskusi.

Ya, LinkUMKM sengaja dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pelaku UMKM. Mulai dari hal yang berkaitan dengan akses informasi tentang pasar atau peningkatan kemampuan administrasi dan manajemen usaha dengan mengikuti pelatihan demi peningkatan kapasitas.

Pelatihan tersebut juga bisa diakses melalui fitur UMKM Smart yang berisi layanan pelatihan, konsultasi, literasi keuangan, hingga simulasi kredit untuk anggota. Nantinya, seluruh pelatihan yang dijalani akan dinilai berdasarkan aplikasi skoring.

Nah skoring inilah yang menjadi acuan LinkUMKM dalam mendiagnosa pola manajemen usahamu, menerapkan skala prioritas dalam berbisnis, termasuk bagaimana kesiapan untuk naik kelas ke skala usaha berikutnya.

Oleh karena itu, setiap pelaku usaha diajak untuk melakukan penilaian dengan mengisi survei skoring dan akan diperbarui secara periodik atau setiap tiga bulan sekali.

Bagi UMKM binaan atau umum, yuk segera bergabung dan kembangkan usaha di LinkUMKM di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.