Sukses

UMKM Naik Kelas, Bisa Kok!

Pelatihan dan konsultasi berkaitan dengan literasi keuanga penting dilakukan UMKM.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UMKM) terus berupaya memulihkan perekonomian Indonesia. Salah satunya dengan melakukan pemberdayaan agar UMKM naik kelas.

Untuk menjadikan UMKM naik kelas, harus dilihat dulu permasalahannya. Misalnya di level mikro, umumnya masalah muncul pada kesulitan akses pembiayaan, kurangnya kemampuan usaha dalam kuantitas produksi dan kualitas kemasan, serta keterbatasan akses pasar.

Sementara pada UMKM menengah dan menaikkan ke skala besar, Pemerintah fokus di sektor riil atau produksi, dengan bantuan menyuplai bahan baku. Berkaitan dengan hal tersebut, Bank Rakyat Indonesia (BRI) pun ikut ambil bagian dengan meluncurkan Link UMKM.

Link UMKM merupakan sebuah platform yang bertujuan untuk membantu mengembangkan UMKM Indonesia dengan rangkaian program terpadu, agar UMKM di seluruh Indonesia dapat naik kelas. Nah, agar diketahui bersama, ada beberapa manfaat ketika bergabung dengan Link UMKM, yaitu:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Update Informasi

Link UMKM dari BRI menghadirkan berbagai informasi yang dibutuhkan para pelaku usaha. Misalnya tips agar produk yang dibuat bisa laku dipasaran. Lalu bagaimana caranya agar bisnis tetap berjalan di masa pandemi.

Bukan hanya itu saja, Link UMKM juga memiliki fitur Bantuan yang isinya seputar pertanyaan yang sering diajukan para pelaku usaha. Misalnya bagaimana cara membuat PT, bagaimana cara mengajukan modal usaha, hingga gimana caranya mendapatkan dana dari Kemenkop, dan masih banyak lagi.

 

3 dari 6 halaman

2. Pelatihan dan Konsultasi Literasi Keuangan

Pelatihan dan konsultasi ini berkaitan dengan literasi keuangan. Hal ini sangat penting mengingat banyak UMKM yang sulit berkembang karena kurangnya pelatihan dan manajemen dalam pengelolaan keuangan.

Dengan begitu, setiap pelaku usaha yang bergabung di Link UMKM berkesempatan mendapat pelatihan yang berkualitas, guna meningkatkan kapasitasnya.

 

4 dari 6 halaman

3. Mempromosikan Produk di Etalase Digital

Link UMKM juga menghadirkan fitur Etalase. Fitur ini digunakan untuk mempromosikan produk UMKM di etalase digital, sesuai dengan DNA bisnis yang dijalankan.

Ada lebih dari 10 etalase digital yang disusun berdasarkan kategori. Misalnya Otomotif, Jasa, Kuliner, Rumah dan Interior, Fashion dan Aksesoris, Kerajinan atau Kriya, Hobi dan Olahraga, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, pasar dan jangkauannya pun menjadi lebih luas. Hal ini artinya produk-produk UMKM tersebut otomatis dipromosikan secara daring di situs Link UMKM. 

5 dari 6 halaman

4. Bergabung ke Komunitas

Ini adalah salah satu manfaat lain jika kamu bergabung ke Link UMKM. Ya, para UMKM bisa bergabung dengan komunitas untuk memperluas jaringan usaha.

Nah, dengan bergabung ke Link UMKM, BRI berharap agar para pelaku usaha dapat meningkatkan optimismenya untuk tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi. Bukan hanya itu saja, UMKM juga dapat meningkatkan pendapatannya, dan produknya bisa dikenal masyarakat luas.

6 dari 6 halaman

Simak Video Berikut ini:

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini