2,2 Juta Pelamar Tuntaskan Pendaftaran CPNS 2021, Berapa yang Lolos?

Oleh Maulandy Rizki Bayu Kencana pada 21 Jul 2021, 14:45 WIB
Diperbarui 22 Jul 2021, 13:26 WIB
Melihat Tes SKD CPNS di Jakarta
Perbesar
Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana (tengah) meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Senin (27/1/2020). (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, hingga data terakhir per 19 Juli 2021, total pendaftar CPNS 2021 yang telah mengisi formulir di portal SSCASN mencapai 3.333.176 orang.

Namun, baru sebanyak 2.217.965 pelamar yang sudah menyelesaikan proses pendaftaran (submit). Dengan catatan, 2,2 juta orang tersebut belum tentu lolos proses pendaftaran CPNS 2021 karena harus melalui tahap verifikasi di masing-masing instansi.

Lantas, ada berapa banyak pendaftar CPNS 2021 yang lolos verifikasi alias masuk kategori Memenuhi Syarat (MS)?

Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN Paryono mengatakan, saat ini pihaknya belum bisa memonitor ada berapa pendaftar CPNS 2021 yang berhasil lolos verifikasi.

"Instansi banyak yang belum memverifikasi, jadi belum tahu MS dan TMS (Tidak Memenuhi Syarat)," kata Paryono kepada Liputan6.com, Rabu (21/7/2021).

Paryono mengabarkan, beberapa instansi memang sudah ada yang telah memulai proses verifikasi, tapi belum semua. Adapun proses verifikasi pendaftar CPNS 2021 terus dilaksanakan sebelum pengumuman hasil seleksi administrasi digelar pada awal bulan depan.

Setelahnya, BKN akan membuka masa sanggah bagi para pendaftar CPNS 2021 pada 4-6 Agustus.

"Tanggal 2-3 Agustus diumumkan hasil seleksi administrasi. Jadi verifikasi sebelum tanggal 2-3 Agustus," jelas Paryono.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Teliti Daftar CPNS 2021, Data dan Formasi CASN yang Diisi Tak Bisa Diganti

Ragam Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Perbesar
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi diikuti 2.162 peserta. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Badan Kepegawaian Negara membuka sesi tanya jawab terakhir melalui media sosial terkait pendaftaran CASN atau CPNS 2021. Salah satu yang mencuat terkait pilihan reset formasi terkait kesalahan yang dilakukan pendaftar.

Tim Pengaduan SSCASN mengatakan tidak ada pilihan untuk reset untuk formasi yang telah di-input oleh pendaftar CPNS 2021. Terkait kesalahan yang dilakukan oleh pendaftar, Ia meminta pendafar untuk lebih teliti dalam pengisian dan fokus terhadap tahapan lanjutan setelah sesi pendaftaran.

“Tidak ada menu untuk reset untuk yang sudah selesai [pada tahap] resume. Jadi teman-teman dipersiapkan saja untuk ujian,” katanya dalam sesi Tanya Jawab CPNS di live Instagram @bkngoidofficial, Senin (19/7/2021).

Guna memperbaiki kesalahan, Tim Pengaduan menyarankan pendaftar CPNS 2021 untuk melakukannya pada masa sanggah.

“Nanti juga akan ada masa sanggah, apabila nanti ada tambahan yang perlu dilengkapi yang diminta oleh perusahaan bisa dilakukan saat masa sanggah tersebut,” terangnya.

Informasi, Masa Sanggah dalam rangkaian Seleksi CASN berlangsung pada 4-6 Agustus 2021 mendatang, setelah pengumuman hasilseleksi administrasi.

Dengan demikian, pendaftar CPNS 2021 yang dinyatakan lolos seleksi administrasi bisa merubah dokumen yang salah atau melengkapi persyaratan tambahan yang diminta oleh instansi terkait. 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lokasi Tes

Ragam Ekspresi Para Peserta Tes CPNS
Perbesar
Ekspresi peserta saat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk CPNS Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Kantor BKN Regional V, Jakarta, Senin (27/1/2020). Seleksi berlangsung 27-31 Januari 2020. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Sementara itu, menjawab pertanyaan terkait lokasi tes, Tim Pengaduan mengatakan lokasi tes akan disesuaikan dan diumumkan setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Kendati beberapa kategori seperti CASN telah bisa memilih lokasi tes, untuk kategori pendaftar PPPK tidak mampu untuk memilih lokasi tes sejak masa pendaftaran.

Meski begitu, Tim Pengaduan memastikan, sekalipun pendaftar telah bisa memilih lokasi tes, fiksasi tempat pendaftar melaksanakan tes akan menuggu informasi resmi dari BKN dan instansi terkait.

“Itu diperhatikan dulu aja. Meski temen-teman sudah bisa milih tempat tesnya, tetap dipastikan nanti pas pengumuman,” katanya.

Hal ini berlaku juga untuk pendaftar CASN yang berada di luar negeri. Sebelumnya, tes dilakukan di KBRI yang ada di negara domisili pendaftar.

“Terkait kondisi saat ini yang masih berlangsung pandemi covid-19, BKN akan meninjau sesuai dengan data yang masuk, jadi teman-teman harap menunggu pengumuman resminya,” tutupnya.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya