Sukses

Super Air Jet Siap Terbang, Simak 6 Rute yang Bakal Dilayani

Untuk tahap pertama, Super Air Jet akan memulai layanan ke destinasi Super Favorit di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Super Air Jet siap mengudara di langit Indonesia. Maskapai baru ini tengah mempersiapkan rencana untuk penerbangan perdana (inaugural flight) untuk penumpang berjadwal (regular flight).

Super Air Jet sebelumnya telah mendapat sertifikasi Air Operator Certificate (AOC) untuk pesawat tipe Airbus A320 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari menjelaskan, perusahaan tengah melakukan berbagai langkah agar penerbangan perdana mendatang berjalan sesuai jadwal dan memenuhi aspek standar operasional keselamatan, keamanan dan kenyamanan perjalanan udara.

"Terpenting lagi, operasional berjalan berdasarkan ketentuan protokol kesehatan yang ketat," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (20/7/2021).

Ari melanjutkan, untuk tahap pertama Super Air Jet akan memulai layanan ke destinasi Super Favorit di Indonesia, yaitu:

1. Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK)

2. Palembang melalui Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM)

3. Padang melalui Bandar Udara Internasional Minangkabau (PDG)

4. Batam – Bandar Udara Internasional Hang Nadim (BTH)

5. Medan – Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNO) dan

6. Pontianak – Bandar Udara Internasional Supadio (PNK).

Super Air Jet akan beroperasi dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari, yang dilayani pergi pulang (PP).

Pemilihan destinasi Super Favorit di tahap perdana guna menjangkau wilayah Indonesia Barat dengan pilihan jadwal keberangkatan yang tepat di rute-rute Super Populer.

"Mengapa disebut Super Popular dari Super Air Jet? Karena jaringan dan daerah tersebut sudah dikenal dan disukai orang banyak," jelas Ari. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenhub Rampung Sertifikasi AOC Super Air Jet

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selesai melakukan sertifikasi permohonan Air Operator Certificate (AOC) PT Super Air Jet (SAJ). Sertifikasi ini untuk pesawat tipe Airbus A320.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Novie Riyanto di Jakarta mengatakan, Super Air Jet telah memegang Surat Izin Usaha Angkutan Udara Niaga Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036, yang diterbitkan pada tanggal 17 September 2020.

Kemudian, proses sertifikasi dalam rangka penerbitan Air Operator Certificate (AOC) sudah dilakukan sejak 30 September 2020.

Proses sertifikasi mengacu kepada ketentuan ICAO dan regulasi penerbangan yang berlaku di Indonesia yang dilaksanakan melalui lima tahapan atau fase, yaitu: Pre Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration and Inspection, dan Certification.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.